BNPB: Tanah Longsor di Mamasa Sebabkan 2 Tewas dan 6 Desa Terisolasi

SHARE

istimewa


CARAPANDANG.COM - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan tanah longsor di Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat, menyebabkan dua warga meninggal dunia dan enam desa terisolasi.

Dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Jumat, dijelaskan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mamasa bersama tim gabungan menemukan dua warga dalam kondisi tak bernyawa akibat terdampak tanah longsor yang terjadi di daerah itu pada Kamis (30/6).

"Kaji cepat sementara, selain korban meninggal dunia tercatat satu orang luka berat dan dua orang luka ringan," ujar Pelaksana tugas Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari.

Peristiwa ini terjadi sekitar pukul 17.20 Wita setelah hujan dengan intensitas tinggi mengguyur wilayah sekitar dan kondisi struktur tanah yang labil.

Kejadian ini menyebabkan enam desa terisolasi  karena akses jalan mengalami longsor yakni Desa Gandangdewata, Desa Peu, Desa Saluleang, Desa Tabulahan, Desa Periangan, dan Desa Salubakka.

Lokasi terdampak yang jauh dari pusat kota dan akses jalan menuju lokasi tertutup material longsor menjadi kendala dalam penanganan darurat. Akses jaringan telekomunikasi juga terganggu sehingga menyulitkan untuk koordinasi dan komunikasi.
 

Halaman : 1