Wamen Angela: Agenda Keberlanjutan Wajib Diterapkan untuk Lestarikan Dunia

SHARE

istimewa



CARAPANDANG.COM - Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo menyatakan agenda sustainability (keberlanjutan) tidak lagi menjadi pilihan atau optional, tetapi wajib diterapkan untuk melestarikan dunia dan diwariskan bagi generasi masa depan.

“Pandemi COVID-19 menjadi pengingat bagi banyak pemangku kepentingan pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia, bahwa agenda sustainability tidak lagi opsional,” ujarnya pada Welcoming Dinner Asian Venture Philanthropy Network (AVPN) 2022 di Bali, lewat keterangan resmi di Jakarta, Rabu.

Selama pandemi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), lanjutnya, fokus menyiapkan pariwisata dan sektor kreatif (parekraf) yang lebih berkelanjutan dan tangguh, salah satunya melalui pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) pariwisata, guna mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs). 

Sektor parekraf, kata dia, mendukung SDGs melalui penguatan identitas budaya, peningkatan inklusivitas, pemberdayaan masyarakat lokal, dan penciptaan solusi ekonomi berkelanjutan bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) .

“Kami harus menjadikan momentum global ini sebagai bahan bakar untuk berbuat lebih banyak dan kami membutuhkan dukungan untuk mencapai SDGs melalui sektor parekraf Indonesia,” kata Wamenparekraf itu.

Halaman : 1