Puan Harap Tak Ada Diskriminasi atas Produk Indonesia di Inggris

SHARE

Istimewa


CARAPANDANG.COM - Ketua DPR RI Puan Maharani saat bertemu dengan Ketua Dewan Rakyat Inggris Sir Lindsay Harvey Hoyle menyampaikan harapan agar tidak ada diskriminasi untuk produk Indonesia yang masuk ke Inggris, seperti kelapa sawit, karet dan kopi.

Pertemuan antara Ketua DPR RI dan Ketua Dewan Rakyat Inggris itu berlangsung di Parlemen Inggris di London pada Rabu (1/2), menurut keterangan KBRI London pada Jumat.

"Indonesia dukung dan harapkan perdagangan yang bebas, adil dan tidak diskriminatif dengan mengoptimalkan kerangka kerja sama bilateral yang sudah disepakati," kata Puan.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Ketua DPR RI terkait rencana Inggris untuk mengimplementasikan Due Diligence on Forest Risk Commodities, yang merupakan aturan untuk mencegah penggunaan komoditas yang dihasilkan dari proses deforestasi.

Pada kesempatan itu, Puan juga mengundang Parlemen Inggris untuk bekerja sama mewujudkan kolaborasi untuk kemitraan yang setara, mewujudkan komitmen bersama terhadap nilai demokrasi dan perlindungan hak asasi manusia serta kerja sama ekonomi dan pembangunan berkelanjutan.

"Bersama-sama, Indonesia dan Inggris dapat berkontribusi pada komitmen global pengurangan emisi melalui kerja sama di sektor energi bersih," ujarnya.

Selain itu, Puan mengajak Parlemen Inggris untuk terus meningkatkan kerja sama antar parlemen yang dapat berkontribusi dalam membantu penyelesaian berbagai permasalahan di dunia.

Menegaskan posisi parlemen sebagai wakil rakyat, Puan juga mendorong pengembangan hubungan antar masyarakat kedua negara.
 

Halaman : 1