Menteri Basuki Minta BUJT Kerja Keras Selesaikan Tol Akses IKN

SHARE

istimewa


CARAPANDANG.COM - Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meminta Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) bekerja keras mempercepat penyelesaian berbagai ruas jalan tol yang sangat ditunggu masyarakat termasuk Tol Akses Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.

"Selain itu kita juga telah memulai pembangunan beberapa ruas tol yang sangat penting untuk melengkapi sistem jaringan jalan nasional, antara lain Tol Jogja-Solo, Tol Jogja-Bawen, Tol Gilimanuk-Mengwi, Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap, termasuk Tol Akses IKN Nusantara di Kaltim," kata Basuki sebagaimana keterangan tertulis diterima di Jakarta, Selasa.

Basuki menyampaikan hal tersebut dalam Rapat Koordinasi Tengah Tahun Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR dan Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI) 2022 di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Senin (27/6) malam.

Basuki juga meminta seluruh BUJT memprioritaskan kualitas hasil pekerjaan, keselamatan kerja, serta mengedepankan penggunaan produk-produk dalam negeri.

"Perbaikan saya mohon untuk segera dilaksanakan mulai bulan Juli 2022 sehingga tuntas seluruhnya pada tahun 2023. Saya ingin kita dapat sepakat dengan program kerja yang akan saya gunakan sebagai dasar dalam persetujuan penyesuaian tarif tol pada tahun 2022 hingga 2024, di luar faktor inflasi dan pemenuhan SPM," kata Basuki.

Terkait evaluasi arus mudik Lebaran 2022, Basuki meminta kepada para BUJT untuk memulai penyiapan kantong parkir tambahan dan toilet umum di tempat peristirahatan (rest area).

"Keterbatasan area parkir menyebabkan banyak pengemudi yang memarkir kendaraan di bahu jalan sehingga mengakibatkan kemacetan. Sehingga sebelum masa mudik Lebaran 2023, saya minta kantong parkir tambahan sudah dapat terealisasi," katanya.

Halaman : 1