Ratusan Polwan di Indonesia Ikuti Tapak Tilas di Bukittinggi

SHARE

Istimewa


CARAPANDANG - Ratusan Polisi Wanita (Polwan) dari sejumlah Polda di Indonesia mengikuti tapak tilas di Kota Bukittinggi Sumatera Barat dalam rangka memperingati HUT ke-74 Polwan.

Wakil Kepala Polda Sumbar Brigjen Pol Edi Mardianto dalam keterangan tertulis di Padang, Minggu mengatakan, kegiatan menapak tilas tersebut dilepas oleh Polwan senior Irjen Pol Juansih di Bukittinggi, pada Sabtu (20/9).

Dalam tapak tilas tersebut ratusan Polwan melakukan jalan kaki dari istana Bung Hatta di area Jam Gadang di menunu Tugu Polwan.

Menurut dia momentum peringatan HUT ke-74 Polwan ini dengan melaksanakan kegiatan tapak tilas di Bukittinggi, agar dapat mengenang kembali sejarah Polwan.

"Membakar semangat kita untuk menjadi yang lebih baik lagi dalam bertugas di instansi Polri," kata dia menambahkan.

Ia mengatakan tugas Polwan di Indonesia terus berkembang, tidak hanya menyangkut masalah kejahatan wanita saja tapi juga meliputi kasus anak-anak dan remaja, hingga bahkan sampai ke narkotika.

Menurut dia kenakalan anak-anak dan remaja, kasus perkelahian antar pelajar yang terus meningkat.

“Selain itu kasus kejahatan wanita yang memprihatinkan merupakan.tantangan amat serius korps polisi wanita untuk lebih berperan dan membuktikan eksistensi mereka di tubuh Polri,” katanya

Selain menapak tilas sejarah Polwan, dalam memperingati hari lahirnya polisi wanita tersebut juga digelar syukuran dengan memotong tumpeng dan bakti sosial menyebar 500 paket sembako kepada masyarakat tidak mampu.

Kegiatan ini dihadiri sejumlah perwira dan perwira tinggi polisi wanita baik yang masih aktif berdinas maupun sudah purnatugas, seperti Irjen Pol (Purn) Apriastini Bakti Bugiansri, Irjen Pol (Purn) Basariah Panjaitan, Irjen Pol (Purn) Sri Handayani, Brigjen Pol (purn) Nurafiah, Brigjen Pol (purn) Anida, Kombes Pol Kusri Wahyuni, Kombes Pol Ane Kristina, Kombes Pol Desi, Kombes Pol Susmelawati, Kombes Pol Rudatin, Kombes Pol (Purn) Sriani, Kombes Pol (Purn) Endang, Kombes Pol (Purn) Kusbandiah

Selain itu dari jajaran Polda Sumbar ada Wakapolda Sumbar Brigjen Pol Edi Mardianto, Kabiddokes Polda Sumbar Kombes Pol Drg. Lisda Cancer, Kabidkum Polda Sumbar Kombes Pol. Nina Febri Linda, Kasetum AKBP Aries, Kapolres Bukittinggi AKBP Wahyuni Sri Lestari serta Wakil Wali Kota Bukittinggi Marfendi.