Dokter Gizi Sarankan Konsumsi Buah Minimal Tiga Porsi Sehari

SHARE

istimewa


CARAPANDANG.COM - Dokter Spesialis Gizi Klinik dari Universitas Indonesia dr. Diana Felicia Suganda mengatakan, konsumsi buah yang dianjurkan adalah minimal dua hingga tiga porsi sehari untuk memenuhi asupan mikronutrien yang diperlukan tubuh.

"Ada yang namanya piramida makanan, dari situ bisa dilihat kalau kebutuhan buah itu adalah dua sampai tiga porsi per hari, itu minimal," kata Diana di Jakarta, Senin.

Dia menambahkan, porsi tersebut berlaku baik untuk orang dewasa maupun anak-anak.

"Untuk porsi buah anak di atas lima tahun, hampir sama kayak dewasa. Jadi kalau makan apel, ya apel satu porsi. Kalau mau apel sama pir, boleh, separuh-separuh. Untuk anak pun dua sampai tiga porsi sehari, sama," ujar Diana.

Adapun takaran porsi buah menurut Badan Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) adalah setidaknya 50 gram. Sehingga dalam sehari, Anda dapat mengonsumsi 150 gram buah.

"Untuk porsi, misal jeruk, ya satu jeruk. Jambu, satu jambu. Tapi kalau buah yang besar, kita makan pepaya, melon, semangka, itu kira-kira satu slice kayak di tukang buah," ujar Diana.

Namun, Diana tidak menyarankan mengonsumsi buah sebanyak tiga porsi dalam satu waktu karena akan membuat perut kenyang hanya dengan buah dan memungkinkan kurangnya asupan nutrisi lain seperti protein yang juga penting untuk tubuh.

"Kalau makan langsung tiga porsi sekaligus pasti akan kenyang banget dan kenyang hanya isinya buah. Enggak dapat protein, enggak dapat karbohidrat yang lain. Jadi memang paling bagus satu porsi, nanti makan lagi satu porsi, di-split lah," jelas Diana.
 

Halaman : 1