LPPM UHAMKA Bersama PCM Cilengsi Bogor Gelar Workshop Manajemen Keluarga Sejahtera

SHARE

Istimewa


CARAPANDANG -  Dalam rangka mewujudkan  Tri Dharma Perguruan Tinggi, LPPM Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (LPPM UHAMKA) bekerjasama dengan PCM Cilengsi Bogor  menyelenggarakan Workshop Manajemen Keluarga Sejahtera bagi Warga Muhammadiyah pada Sabtu (4/3).

Workshop yang bertempat di Masjid Baiturrahman menghadirkan dua narasumber dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB UHAMKA), yaitu Faozan Amar dan Toto Tohari.

Pada kesempatan tersebut Faozan Amar menekankan pentingnya perencanaan keuangan di dalam keluarga. Dengan perencanaan keuangan yang matang maka bisa menghantarkan pada keluarga sejahtera.

“Perencanaan keuangan merupakan seni pengelolaan keuangan yang dilakukan oleh individu/keluarga untuk mencapai tujuan yang efektif, efisien, dan bermanfaat, sehingga keluarga tersebut menjadi keluarga yang sejahtera,” ujar Faozan.

Sekretaris Majelis Pembinaan Kesejahteraan Sosial Pimpinan Pusat  (PP) Muhammadiyah ini menjelaskan pentingnya perencanaan keuangan dalam keluarga.  Dengan perencanaan keuangan yang matang kita bisa memenuhi kebutuhan saat ini dan masa mendatang.

“Kebutuhan dimasa depan hampir pasti akan terjadi, namun belum tentu penghasilan masa depan masih sama. Maka perlu di kelola,” tegasnya.

Menurutnya seandainya penghasilan berkurang, dan kita tidak mengelola penghasilan, maka akan sulit untuk memenuhi kebutuhan keluarga di masa depan.

Selanjutnya, dia menambahkan, bagaimana  cara untuk  mewujudkan keluarga sejahtera. Cara yang harus dilakukan adalah dengan meningkatkan pendapatan dan mampu menekan pengeluaran.

“Keduanya ini harus seimbang dan berjalan bersama, tidak boleh hanya satu saja,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama  Toto menyampaikan, pada dasarnya harta adalah segala sesuatu yang dimiliki oleh manusia dengan nilai tertentu yang dapat dimanfaatkan. Harta bisa berupa uang, hewan ternak, hasil kebun, berbagai macam properti, dan lain sebagainya.

Mengenai harta ini, harta yang baik adalah harta yang didapatkan dan digunakan dengan baik pula. “Ketika kita diuji dengan kelebihan harta kita harus bersyukur dan ketikan diuji dengan kekurangan maka harus bersabar,” pesan Toto.

Sementara itu Wakil Ketua PCM Cileungsi, Sarfian Efendi mengatakan bahwa  materi yang disampaikan oleh narasumber sangat aplikatif sesuai dengan yang  kita butuhkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Alhamdulillah mencerahkan. Terima kasih UHAMKA atas kerjasamanya,” kata Sarfian.