Yogyakarta Uji Coba Anggarkan Dana BOS Khusus Pendidikan Karakter

SHARE

Ilustrasi


CARAPANDANG - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta mengalokasikan anggaran untuk Bantuan Operasional Sekolah Daerah khusus Pendidikan Karakter yang akan mulai diterapkan tahun ajaran 2022/2023 secara terbatas di lima sekolah sebagai uji coba.

“Program ini sudah kami rencanakan cukup lama, tetapi memang belum akan dilakukan di semua sekolah. Kami uji coba di lima sekolah dulu, SD dan SMP,” kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta Budhi Asrori di Yogyakarta, Rabu (13/4/2022).

Menurut dia, jika dari evaluasi program pemberian Bantuan Operasional Sekolah Daerah (Bosda) Pendidikan Karakter menunjukkan hasil yang baik, maka tidak menutup kemungkinan akan diterapkan di lebih banyak sekolah bahkan di semua sekolah SD dan SMP di kota tersebut.

Sebelum menerima bantuan operasional, kata dia, setiap sekolah yang terpilih sebagai percontohan diminta menyusun proposal kegiatan penguatan pendidikan karakter yang akan dilakukan.

“Sekolah di Kota Yogyakarta memang sudah menerapkan pendidikan karakter. Dengan Bosda ini harapannya ada pengembangan dan penguatan program pendidikan karakter yang sudah diberikan,” katanya.

Pendidikan karakter, lanjut Budhi, tidak diberikan dalam mata pelajaran khusus tetapi langsung diintegrasikan dengan berbagai mata pelajaran yang diajarkan di sekolah dan juga kegiatan ekstrakurikuler di sekolah maupun kegiatan lain di luar jam pelajaran.

Halaman : 1