Pemprov Gorontalo Usulkan Tiga Nama Calon Penjabat Bupati Boalemo

SHARE

Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie. (ANTARA/Susanti Sako)


CARAPANDANG - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo telah mengusukan tiga nama calon Penjabat Bupati (Penjabup) Boalemo kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengatakan tiga nama tersebut adalah Handoyo Sugiharto, Risjon Sunge, dan Sukro Botutihe, dan merupakan pejabat Pemprov Gorontalo yang masih aktif bekerja.

“Tiga nama itu sudah kami serahkan ke Mendagri, nanti beliau yang akan menetapkan siapa yang paling cocok,” kata Rusli, Senin, di Gorontalo.

Ketiga nama yang diusulkan tersebut, merupakan usulan dari tokoh-tokoh masyarakat di Kabupaten Boalemo.

Ketiganya juga dinilai memiliki kemampuan untuk memimpin daerah, berdasarkan rekam jejak birokrasi dan kinerja selama ini.

“Menurut kami ketiganya sangat cocok dan layak karena kepangkatan, pengalaman, dan kepemimpinan mereka sudah cukup teruji,” katanya.

Selain mengungkap tiga nama Penjabat Bupati Boalemo, sebelumnya Gubernur Rusli yang berakhir masa jabatan pada Mei 2022 ini, juga menyebut  tiga nama calon Penjabat Gubernur yang akan menggantikan dirinya nanti.

Ketiganya adalah pejabat pusat yakni Dirjen Bina Pemdes Kemendagri Yusharto Huntoyungo, Staf Ahli Menpora Hamka Hendra Nur, dan Staf Ahli Menko Ekwin Rudi Salahuddin.*