Bobby Nasution: Calhaj agar Doakan Medan Jadi Kota Berkah

SHARE

istimewa


CARAPANDANG.COM - Wali Kota Medan, Sumatera Utara, Bobby Nasution menitipkan doa kepada 1.077 orang calon haji (calhaj) saat berada di Tanah Suci supaya Medan menjadi kota yang berkah.

"Kami titip doa di Tanah Suci nanti agar Medan jadi kota yang berkah, dan yang kami lakukan dapat menambahkan kebaikan bagi negara, kota dan agama," ucapnya di Medan, Senin.

Hal itu diungkapkannya ketika menepungtawari dan pelepasan 1.077 orang calhaj asal Kota Medan di Gedung Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Sumut yang dihadiri Wakil Wali Kota Aulia Rachman, Wakil Ketua DPRD Kota Medan Rajudin Sagala dan pejabat terkait.

Wali kota meminta seluruh calhaj asal ibu kota Provinsi Sumut menjaga kesehatan, baik sebelum pemberangkatan, ketika melaksanakan ibadah haji maupun kembali ke Tanah Air.

"Jaga kesehatan agar bisa menunaikan ibadah haji tahun ini dengan baik, lancar dan pulang sebagai haji yang mabrur," ungkapnya.

Ia juga menerangkan bahwa tahun ini merupakan tahun pertama pelaksanaan ibadah haji setelah tertunda selama dua tahun akibat pandemi COVID-19.

Memang terjadi pengurangan kuota jamaah haji tahun ini, sehingga kuota untuk Provinsi Sumut sebanyak 3.000 orang, di antaranya 1.077 calhaj asal Kota Medan.

Walau Kerajaan Arab Saudi mengizinkan pelaksanaan ibadah haji, namun dengan berbagai persyaratan. "Di antaranya jamaah harus sudah vaksinasi lengkap. Selain itu, maksimal tiga hari sebelum berangkat, calhaj harus sudah melakukan PCR," ucap Bobby.

Wali kota juga meminta kepada Wakil Wali Kota Medan Aulia Rachman agar naik ke atas panggung dan memintanya berbicara di hadapan para calhaj tersebut.

Aulia kembali menekankan supaya calhaj menjaga kesehatan dan mendoakan Kota Medan agar berkah. "Doakan pula agar Allah SWT memudahkan wali kota mengubah kota ini menjadi lebih baik lagi," ucapnya.

Rektor UIN Sumut, Prof Dr Syahrin Harahap, dalam ceramahnya menyampaikan bahwa makna hakiki dari mabrur itu adalah bermanfaat bagi orang lain.

"Artinya sepulang dari ibadah haji, jamaah menjadi insan yang bermanfaat bagi orang lain. Ada empat ciri haji mabrur itu, yakni baik, pemurah, alim dan mengayomi," terangnya.