Liga Inggris, Meriam London Menyerah di Tangan Manchester City

SHARE

Manchester City naik ke puncak klasemen sementara setelah membungkam Arsenal 3-1 dalam matchday ke-12 Liga Premier Inggris di Emirates Stadium, London pada Kamis dini hari WIB.


CARAPANDANG - Manchester City naik ke puncak klasemen sementara setelah membungkam Arsenal 3-1 dalam matchday ke-12 Liga Premier Inggris di Emirates Stadium, London pada Kamis dini hari WIB.

City unggul terlebih dahulu berkat gol Kevin de Bruyne sebelum tendangan penalti Bukayo Saka menyamakan kedudukan. Jack Grealish dan Erling Haaland mencetak dua gol untuk tim tamu di babak kedua.

Kemenangan ini membuat City menggeser Arsenal di puncak klasemen sementara Liga Premier Inggris. Kedua klub saat ini memiliki 51 poin, dengan City unggul selisih gol dari Arsenal.

Peluang pertama diciptakan oleh City pada menit ke-16. Riyad Mahrez memberikan umpan ke Erling Haaland, tetapi tembakan voli penyerang Norwegia itu belum menemui sasaran.

Arsenal membalas pada menit ke-22. Eddie Nketiah bisa menyambar umpan silang dari Oleksandr Zinchenko, sayang sundulannya di kotak penalti masih masih melebar dari gawang Ederson.

City membungkam pendukung tuan rumah lewat gol De Bruyne dua menit kemudian. Takehiro Tomiyasu melakukan kesalahan saat backpassnya ke ke kiper Aaron Ramsdale terlalu lemah saat mendapat tekanan dari Jack Grealish.

Bola langsung disambar De Bruyne dengan tembakan chip melewati Ramsdale yang sudah keluar dari wilayahnya. Skor menjadi 1-0.

Tomiyasu punya kesempatan menebus kesalahannya pada menit ke-27. Bek Jepang tersebut tidak terkawal di depan gawang dan mendapatkan bola dari sisi kiri. Namun, tendangan volinya masih melambung tinggi dari gawang City.

The Gunners akhirnya bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-41. Wasit menunjuk titik putih setelah Nketiah dilanggar Ederson saat mencoba menghentikan tendangan penyerang Arsenal itu. Bola sempat bergulir ke gawang sebelum dihalau Nathan Ake.

Bukayo Saka yang maju sebagai eksekutor menjalankan tugasnya dengan baik. Eksekusinya ke pojok kanan gawang mengecoh Ederson untuk mengubah skor menjadi 1-1.

The Citizens nyaris menggandakan keunggulan di menit-menit akhir babak pertama. Andai saja sundulan Rodri yang menyambut tendangan bebas tidak menerpa tiang gawang.

Babak pertama berakhir dengan skor 1-1.

Selepas jeda, Manchester City langsung menekan. Bahkan mereka bisa mendapatkan penalti pada menit ke-57 setelah Gabriel dianggap menahan pergerakan Haaland.

Namun, VAR membatalkan keputusan ini karena Haaland dinilai lebih dahulu berada dalam posisi offside.

City lanjut mengancam pada menit ke-68. Tendangan bebas Kevin De Bryune hasilkan kemelut. Manuel Akanji menyambar bola dengan tendangannya, tetapi laju bola masih lemah dan berhasil dihalau Jorginho di garis gawang.

Beberapa saat kemudian giliran Haaland punya kesempatan, tetapi tembakannya dari sudut sempit masih bisa ditahan Ramsdale.

City akhirnya bisa mencetak gol kedua mereka pada menit ke-72. Memanfaatkan kesalahan pemain Arsenal, Ilkay Guendogan memberikan bola ke Grealish yang menuntaskannya dengan sepakan mendatar keras yang gagal dihentikan Ramsdale. Skor menjadi 2-1 untuk City

City benar-benar membungkam pendukung Arsenal setelah mencetak gol ketiga mereka pada menit ke-82. Gundogan melepaskan umpan terobosan keDe Bryune yang menusuk di sisi kanan.

Dia kemudian memberikan umpan tarik yang disambar Haaland ke kanan gawang Ramsdale. Kedudukan menjadi 3-1.

Arsenal berusaha memperkecil ketertinggalan di waktu yang tersisa. Namun, tidak ada gol tambahan hingga laga tuntas.