Dinkes: Kasus DBD di Mukomuko Meningkat

SHARE

Petugas kesehatan Kabupaten Mukomuko melakukan pengasapan atau fogging di pemukiman penduduk, Rabu (16/3/2022) ANTARA/HO


CARAPANDANG - Jumlah kasus demam berdarah dengue (DBD) di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, pada periode bulan Januari-Mei 2022 sebanyak 12 orang, meningkat dibandingkan periode yang sama tahun 2021 sebanyak enam orang.

“Kasus DBD meningkat kemungkinan karena kesadaran warga dalam melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) menurun," kata Pengelola Program DBD pada Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Bara Lendra dalam keterangannya di Mukomuko, Minggu.

Ia mengatakan hal itu berdasarkan hasil rekapitulasi data masyarakat yang tersebar di sejumlah kecamatan di daerah ini yang terjangkit penyakit DBD terhitung sejak bulan Januari hingga Mei 2022.

Ia mengatakan, dari 12 orang yang positif terjangkit DBD selama 2022, penderita yang paling banyak itu pada bulan Mei sebanyak enam orang dan bulan April tiga orang.

Sedangkan jumlah warga yang positif terjangkit penyakit DBD bulan Januari hingga Maret 2022 masing-masing sebanyak satu kasus.

Ia menyatakan, pihaknya telah melakukan berbagai upaya seperti foging atau pengasapan di lokasi yang ditemukan kasus, termasuk melakukan penyelidikan epidemologi (PE), dan larvasida.

Selain itu, instansinya melalui Puskesmas tetap mengimbau camat, lurah, dan kepala desa hingga RT dan seluruh masyarakat untuk melakukan kegiatan pencegahan penularan penyebaran penyakit ini.

Pihaknya menyarankan warga tetap melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) guna mencegah penyebaran penyakit DBD saat musim hujan sekarang ini.

“Kami minta warga di wilayah ini melakukan PSN untuk mencegah penyebaran penyakit DBD tetapi jangan ramai-ramai mereka datang,” ujarnya.

Sementara itu, sebanyak 21 orang warga di daerah itu positif demam berdarah dengue (DBD) selama tahun 2021 atau menurun drastis dibandingkan dengan tahun sebelumnya sebanyak 119 orang.

Kasus DBD turun drastis kemungkinan karena kesadaran warga dalam melakukan PSN di lingkungan tempat tinggalnya semakin meningkat.