Kapolda NTT: Orang tua Punya Peran Penting Menjaga Anak Tidak Menjadi Korban Asusila

SHARE

Kapolda Nusa Tenggara Timur (NTT) Irjen Pol. Johanis Asadoma mengatakan orang tua memiliki peran penting dalam menjaga anak-anaknya supaya tidak menjadi korban asusila, mengingat kasus pencabulan marak terjadi di NTT.


CARAPANDANG - Kapolda Nusa Tenggara Timur (NTT) Irjen Pol. Johanis Asadoma mengatakan orang tua memiliki peran penting dalam menjaga anak-anaknya supaya tidak menjadi korban asusila, mengingat kasus pencabulan marak terjadi di NTT.

"Orang tua punya peran yang penting untuk menjaga anak-anaknya, khususnya yang perempuan, agar tidak mudah menjadi korban dalam kasus pencabulan atau asusila lainnya," kata Johanis di Kupang, Jumat.

Dia mengatakan hal itu untuk merespons maraknya kasus pencabulan terhadap anak-anak perempuan di NTT. Johanis mengaku kaget saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Sikka beberapa waktu lalu dan melihat langsung banyak tahanan pelaku pencabulan di Polres Sikka.

"Bayangkan saja dari 22 orang tahanan, setengahnya justru akibat kasus pencabulan. Ini sangat mengkhawatirkan dan memang sangat tinggi," kata matan kepala Divisi Hubungan Internasional Mabes Polri itu.

Johanis menyebutkan beberapa daerah di NTT juga terdapat kasus asusila cukup tinggi. Oleh karena itu, perlu kerja berbagai pihak dalam menangani isu tersebut. Lebih lanjut, kataya, kepedulian dan pengawasan orang tua terhadap anak perempuan adalah faktor utama dalam mencegah kasus asusila.

Dia memperingatkan orang tua untuk tidak mudah percaya kepada orang lain dalam merawat atau menjaga anak karena dikhawatirkan terjadi hal tidak diinginkan. Johanis juga menegaskan pihaknya akan bertindak tegas apabila menemukan pelaku kejahatan asusila.

Sebagai mantan kepala Divisi Hubinter Mabes Polri, Johanis juga menceritakan bahwa di sejumlah negara berkembang kasus pencabulan menjadi perhatian khusus. Bahkan, para pelaku kejahatan itu diberikan sanksi tegas untuk memberikan efek jera.