Pemprov DKI Bangun Sheet Pile Sepanjang 1.400 Meter di Kali Pesanggrahan

SHARE

Istimewa


CARAPANDANG.COM -Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam waktu dekat membangun dinding penahan  (sheet pile) sepanjang 1.400 meter di bantaran kali Pesanggrahan yang melintasi kawasan Jalan Haji Briti, Kembangan Selatan, Jakarta Barat untuk mencegah air meluap ke jalanan saat terjadi banjir. 

"Kurang lebih panjangnya 1.400 meter dan jalur yang kita pakai itu menggunakan yang sudah ada (existing). Diperkirakan selesai tahun ini," kata Penjabat (PJ) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, saat ditemui di kawasan Haji Briti, Jakarta Barat, Kamis.

Dari titik kawasan Haji Briti, sheet pile itu akan dibangun sepanjang 765 di sisi timur dan 605 di sisi Barat.

Di saat yang sama, Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta, Yusmada Faizal menjelaskan tanggul ini mampu menahan laju air yang meninggi di aliran Pesanggrahan.

Bahkan keberadaan tanggul ini dipercaya dapat menahan air yang biasa menggenangi Jalan Kedoya Raya dan pintu tol Jakarta Tanggerang.

Saat ini proses pembangunan telah sampai ke tender pengadaan sheet pile. Setelah proses tender selesai, sheet pile itu pasti segera dipasang di bantaran sungai serta dipastikan tidak menggunakan lahan warga.

Namun demikian, tidak menutup kemungkinan beberapa rumah warga akan terkena dampak dari pembangunan sheet pile itu.

"Kita manfaatkan trase eksisting kalinya dulu . Tapi tidak menutup kemungkinan ada beberapa hal hal yang harus dibicarakan dengan warga, untuk pembebasannya," kata Yusmada.

Ketika ditanya berapa anggaran yang digelontorkan pemerintah untuk pembuangan sheet pile, Yusmada mengatakan dana yang dikeluarkan mencapai Rp 40 miliar.

Dia berharap kehadiran sheet pile ini bisa efektif menahan banjir sehingga wilayah Jakarta Barat tidak lagi tergenang saat hujan besar datang.