Gempa Magnitudo 5,1 Guncang Enggano Bengkulu

SHARE

Istimewa


CARAPANDANG - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa bumi dengan magnitudo 5,1 mengguncang wilayah Enggano, Bengkulu, pada Sabtu sekitar pukul 06.58 WIB.

Dikutip dari laman BMKG dari Jakarta, pusat gempa berada pada koordinat 4.92 LS dan 101.72 BT, di laut, tepatnya 77 km arah barat laut Enggano dengan kedalaman 18 km dan tidak berpotensi tsunami.

Getaran gempa dirasakan di Bengkulu dengan skala II-III Modified Mercalli Intensity (MMI). Menurut BMKG skala Mercalli merupakan salah satu satuan untuk mengukur kekuatan gempa bumi, terutama jika tidak terdapat peralatan seismometer di tempat kejadian.

Dalam skala II, getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang, sedangkan skala III, getaran dirasakan nyata dalam rumah dan terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Skala IV, gempa dirasakan banyak orang di dalam rumah, di luar rumah serta ditandai, antara lain jendela atau pintu berderik dan dan dinding berbunyi.

Pada skala V, getaran dirasakan hampir semua orang ditandai dengan barang terpelanting, tiang dan barang besar bergoyang.