Sumbar Kucurkan Dana Rp300 milliar untuk Pesisir Selatan pada 2022

SHARE

Gubernur Sumbar, Mahyeldi serahkan bantuan untuk masjid di Pesisir Selatan. ANTARA/Miko Elfisha


CARAPANDANG - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat mengucurkan dana sebesar Rp300 miliar bersumber dari APBD dan APBN 2022 untuk mendukung pembangunan di Kabupaten Pesisir Selatan.

"Bantuan dari APBD Sumbar sekitar Rp160 miliar ditambah Rp140 miliar dari APBN untuk membantu pembangunan di Pesisir Selatan," kata Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi di Pesisir Selatan, Minggu, saat memimpin Tim Safari Ramadhan ke Masjid Al Munawarah Nagari Kapelgam Kecamatan Bayang.

Mahyeldi merinci bantuan dari APBD Sumbar masing-masing Rp8,2 miliar untuk bidang pendidikan, Rp8 miliar untuk kesehatan, Rp7,9 miliar untuk perhutanan sosial, Rp1,2 miliar untuk koperasi dan UMKM.

Kemudian Rp99,9 miliar untuk lingkup pertanian secara umum, Rp14,3 miliar untuk PSDA dan Rp20 miliar untuk PUPR.

Sementara dari APBN sebesar Rp140 miliar akan dimanfaatkan untuk memperbaiki dan membangun jaringan irigasi guna mengairi lahan pertanian warga.

Ia menyebut anggaran yang cukup besar itu tidak bisa dimanfaatkan secara maksimal jika tidak mendapatkan dukungan penuh dari masyarakat.

"Untuk membangun jaringan irigasi misalnya, jika butuh pembebasan lahan, kami berharap masyarakat bisa memberikan dukungan penuh karena manfaatnya akan dirasakan oleh masyarakat," katanya.

Selain itu pembangunan jalan Alahan Panjang, Kabupaten Solok menuju Bayang Kabupaten Pesisir Selatan juga akan dilanjutkan. Jalan tersebut akan menjadi urat nadi perekonomian dua daerah.

Sekretaris Daerah Pesisir Selatan, Mawardi Roska berharap pembangunan jalan itu bisa selesai sesuai target pada 2023. Dengan adanya jalan itu, komoditi kelautan asal Pesisir Selatan lebih cepat sampai di Kabupaten Solok sementara sayur-sayuran dan cabai dari Solok bisa langsung sampai di Pesisir Selatan tanpa melalui Padang.

"Ini akan meningkatkan perekonomian dua daerah," ujarnya.

Dalam kunjungan Tim Safari Ramadhan ke Masjid Al Munawaroh tersebut juga diserahkan bantuan 10 buah Al Quran, Rp10 juta dari Bank Nagari unit Syariah dan Rp50 juta dari Pemprov Sumbar.