Sendratari "Sumpah Palapa" Awali Detik-Detik Proklamasi di Grahadi

SHARE

Istimewa


CARAPANDANG - Penampilan seni drama dan tari (Sendratari) bertajuk "Sumpah Palapa" mengawali Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi 17 Agustus 2022 di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Rabu.

Pantauan ANTARA di lokasi, pertunjukan dimulai sejak pukul 08.15 WIB yang disaksikan oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa beserta perwakilan pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) provinsi setempat.

Pertunjukan kesenian ditampilkan oleh sivitas akademika Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta (STKW) bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur.

Tari kolosal tersebut mengisahkan tentang ksatria bernama Gajah Mada yang diangkat menjadi seorang patih dan diperintahkan untuk menyatukan rakyat demi kejayaaan Nusantara.

Usai sendratari, pertunjukan dilanjutkan penampilan Reog Ponorogo yang melibatkan 90 orang seniman.

Setelah tampil, giliran drum band Genta Buana Brawijaya asal SMA Negeri 5 Taruna Brawijaya yang membawakan lagu tradisional “O Inani Keke” dan lagu perjuangan “Surabaya”.

"Penampilan kesenian digelar sebelum upacara detik-detik proklamasi yang baru akan dimulai pukul 10.00 WIB dan dipimpin oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa sebagai inspektur upacara," kata Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setdaprov Jatim Mohammad Ali Kuncoro.
 

Halaman : 1