BMKG: Daerah Jaksel dan Jaktim Diprakirakan Hujan Lebat

SHARE

carapandang.com | DKI Jakarta


CARAPANDANG - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini cuaca untuk Jakarta Selatan dan Jakarta Timur dapat diguyur hujan lebat pada Selasa sore dan menjelang malam hari, bahkan juga disertai kilat/petir dan angin kencang.

"Waspada potensi hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada sore dan menjelang malam hari," tulis BMKG dalam laman resmi, di Jakarta, Selasa.

Prakiraan hujan di Jaksel dan Jaktim dimulai pukul 10.00 hingga 16.00 WIB, sedangkan potensi hujan dengan intensitas sedang melanda Jaksel pada pukul 13.00 WIB.

Cuaca di lima wilayah kabupaten dan kota di Provinsi DKI Jakarta umumnya diprakirakan cerah berawan dan berawan pada pagi hari.

Namun memasuki siang hari, Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan berpotensi hujan, kecuali Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu.

Pada malam hari, tepatnya pukul 19.00 WIB, BMKG memperkirakan wilayah Kepulauan Seribu berpotensi hujan dengan intensitas ringan, sedangkan wilayah lain mengalami cuaca berawan pada malam hingga Rabu (12/10) dini hari.

Suhu udara di wilayah Jakarta Barat, Jakarta Timur dan Jakarta Selatan berkisar 24 hingga 33 derajat celsius. Sedangkan di Jakarta Pusat berkisar 25 hingga 31, Jakarta Utara antara 24 hingga 31 derajat celsius dan Kepulauan Seribu memiliki suhu pada rentang 26 hingga 30 derajat celsius.

Kelembaban udara di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur antara 80 hingga 100 persen. Jakarta Pusat, Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu berkisar 85 hingga 95 persen dan Jakarta Barat berkisar 75 hingga 95 persen.

Adapun kualitas udara Jakarta berdasarkan pengukuran partikel udara yang berukuran lebih kecil dari 2,5 mikrometer (PM2,5) oleh BMKG di Kemayoran pada pukul 05.00 WIB menunjukkan nilai 59,4 piktogram per meter kubik.

Nilai tersebut masih di bawah ambang batas konsentrasi polusi yang diperbolehkan berada dalam udara ambien yakni 65 piktogram per meter kubik.

Cuaca di pelabuhan Jakarta Utara dan perairan Teluk Jakarta serta perairan Kepulauan Seribu diperkirakan berpotensi hujan ringan.

Di perairan, angin berhembus dari Tenggara menuju Barat Daya dengan kecepatan berkisar tiga sampai delapan knots dan ketinggian gelombang antara 0,1 hingga 0,5 meter.

Sedangkan di pelabuhan, angin berhembus dari Selatan ke Barat dengan kecepatan tiga sampai delapan knots dan ketinggian gelombang antara 0,1 hingga 0,5 meter, jarak pandang lima kilometer serta suhu antara 25 hingga 28 derajat Celsius dan kelembaban udara 82 hingga 90 persen.

Di Pelabuhan Tanjung Priok, mulai pukul 07.00 WIB merupakan saat pasang dengan ketinggian gelombang maksimal 0,7 meter.