Di Rapimnas JMSI, Ansar Ahmad Dinobatkan Sebagai Tokoh Inspirasi Kemerdekaan Pers Nasional

SHARE

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad membuka Rapat Pimpinan Nasional I (Rapimnas) di Batam provinsi Kepuluan Riau, Jumat (18/03/2022).


Laporan : Wina MM

CARAPANDANG (KEPRI) - Gubernur Kepri Ansar Ahmad membuka Rapat Pimpinan Nasional I (Rapimnas) di Batam provinsi Kepuluan Riau, Jumat (18/03/2022).

Rapinmas mengusung tema "Memperkuat Pondasi JMSI Untuk Ekosistem Pers Nasional Yang Sehat Dan Profesional" dihadiri oleh para Ketua dan Sekretaris Pengda JMSI se Indonesia juga beberapa Pengcab JMSI terdekat.

Gubernur berharap Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) akan bisa terus bersama,  membangun dan memajukan Kepulauan Riau dan Indonsesia makin baik lagi.

"Kita akan  terus komit membangun kemitraan yang baik dengan media," kata Gubernur Ansar saat membuka Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) JMSI di Hotel Golden View Bengkong Kota Batam.

Dikatakan Gubernur Ansar, sebagai salah satu ekosistem pers nasional, keberadaan dan kehadiran media massa  berbasis internet ini sangat diperlukan sekali. Terutama untuk bisa secara cepat menyampaiakan berbagai macam informasi.

Sebagai daerah kepulauan, kata Gubernur, dengan bentangan wilayah laut yang sangat luas, kebutuhan akan informasi menjadi sangat penting. Karena akan memberikan kemudahan masyarakat untuk mengetahui beragam informasi yang diperlukannya.

Gubernur Ansar juga bercerita bagaimana potensi maritim Kepri yang luar biasa. Dimana dari segi ekonomis sendiri, potensi laut Kepri sangat luar biasa karena ada Selat Malaka yang membentang di depan kita.

"Potensi ini yang harus dimaksimalkan bagi pertumbuhan ekonomi. Termasuk menjaga kedaulatan teritorial kita, sebagai wilayah perbatasan yang langsung berhadapan dengan negara luar, " jelasnya.

Tak lupa Gubernur Ansar juga berterimakasih kepada JMSI yang telah memilih Kepri sebagai tuan rumah penyelenggaraan Rapimnas Tahun 2022.

"Semoga melalui Rapimnas ini, menghasilkan kebijakan berarti bagi kemajuan JMSI kedepan. Tentunya tetap dengan menjadi media online yang makin profesional," tutupnya.

Sementara itu, Ketua Umum JMSI, Teguh Santosa bersyukur, karena JMSI yang dideklarasikan tepat sehari sebelum perayaan Hari Pers Nasional 2020 di Banjarmasin Kalimantan Selatan, telah menjadi konstituen Dewan Pers pada 10 Januari 2022 dan menjadi bahgian bersama 11 konstituen lainnya.

JMSI selanjutnya kata Teguh menjadi organisasi perusahan pers ketiga sebagai konstituen Dewan Pers bergabung bersama konstituen lain.

"Adapun SK sebagai  konstituen Dewan Pers kita diterima secara resmi bulan Januari 2022 lalu di Kota Bandung yang diserahkan oleh Wakil Ketua Dewan Pers, Hendri Bangun," ungkap Ketum JMSI.

Teguh Santoso juga bercerita bagaimana plafon media berbasis digitalisasi kedepan terus berkembang pesat. Dimana terdapat minimal 18 ribu media tersebar di seluruh Indonesia.

Ditempat yang sama Ketua Panitia Anwar Anas mengaku  bangga, karena provinsi Kepri dipercaya sebagai tuan rumah penyelenggaraan Rapimnas yang dihadiri oleh seluruh pengurus se Indonesia, baik pengurus pusat, daerah dan juga cabang.

Pelaksanaan Rapinmas Tahun 2022 kali ini sambung Anwar Anas,  juga kita manfaatkan dengan peresmian kantor sekretariat JMSI Provinsi Kepri, yang berlokasi di Kawasan King Busninnes Centre Blok A5 No 18 - 19 Batam Center.

Rangkaian kegiatan Rapimnas juga diisi dengan acara ‘Smash Indonesia’ bersama Ketua KPK Firli Bahuri terkait gelaran eksebisi bulu tangkis bersama legendaris pebulutangkis Indonesia.

Rencananya, agenda diakhiri dengan berwisata ke Pulau Penyengat Kota Tanjungpinang.

Menyinggung tentang penghargaan JMSI kepada Gubernur Ansar Ahmad sebagai Tokoh Inspirasi Kemerdekaan Pers Nasional merujuk pada prestasi nasional Kepri yang mampu mengalahkan daerah lainny sebagai rangking pertama pada indek kemerdekaan pers yang dilaksanakan oleh Dewan Pers tahun 2022 ini. 

Hadir Dewan Pembina JMSI Kepri Brigjen Pol Yan Fitri Halimansyah, Ketua Dewan Pakar JMSI Kepri Surya Makmur Nasution, Staf Khusus Gubernur, Kepala OPD Provinsi Kepri dan sejumlah tamu undangan lainnya.(ril/fik)[*]