Pemkab Landak Fokos Pencapaian Target Vaksinasi COVID-19 Dosis Kedua dan Ketiga

SHARE

Bupati Landak Karolin Margret Natasa 


CARAPANDANG - Untuk mewujudkan kekebalan komunal dari penularan virus corona di Kabupaten Landak, Pemkab setempat memfokuskan pencapaian target vaksinasi COVID-19 dosis kedua dan ketiga kepada masyarakat. 

Bupati Landak Karolin Margret Natasa di Landak, Rabu (13/4) menjelaskan perkembangan kondisi pandemi COVID-19 di Kabupaten Landak sejak awal 2022 hingga Bulan Puasa ini yang terus mengalami penurunan angka kasus COVID-19.

Karolin bersyukur penularan pandemi  di wilayah tersebut semakin terkendali sehingga pelaksanaan ibadah puasa bisa berjalan dengan lancar  namun warga tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Untuk vaksinasi 'booster' (penguatan) ini di Kabupaten Landak kami lebih mendahului vaksinasi dosis kedua yang saat ini hampir mencapai 70 persen, kemudian untuk vaksinasi anak-anak usia enam sampai 11 tahun kita sudah mencapai lebih dari 65 persen dan vaksinasi 'booster'-nya memang baru sampai 6,4 persen," katanya.

Dia menambahkan pemerintah tidak henti-hentinya mengingatkan warga bahwa vaksinasi pada Bulan Ramadhan tidak membatalkan puasa.

Dirinya mengharapkan, kerja sama antara tokoh agama, tokoh masyarakat, serta Kementerian Agama dengan terus menyampaikan pemahaman kepada masyarakat agar dapat menjaga kesehatan sekaligus menjalankan ibadah puasa pada Bulan Suci Ramadhan.

Sekretaris Daerah Kalimantan Barat Harisson meminta pemkab dan pemkot di daerah itu terus menggalakkan vaksinasi dan memperkuat penerapan protokol kesehatan.

"Apa yang disampaikan Bupati Landak melakukan upaya vaksinasi yang terus digalakkan dan protokol kesehatan terus kita jalankan," kata dia.

Dalam Safari Ramadhan kali ini, Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat memberikan bantuan kepada Pemerintah Kabupaten Landak berupa Power Threser, Corn Sheller, benih padi, dan benih sayuran.

Pada kesempatan itu, Bupati Landak Karolin Margret Natasa memberikan bantuan dari Kementerian Agama kepada Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Landak, Pengurus Cabang Muslimat Nahdlatul Ulama (NU), Majelis Ta'lim Babul Inayah Kampung Lalang Ngabang, Majelis Ta'lim Al-Ikhlas Dengoan Desa Tebedak, dan Bantuan Papan Tanah Wakaf.