KONI Pusat Berharap Lebih Berdayakan untuk Tingkatkan Prestasi Olahraga

SHARE

Istimewa


CARAPANDANG.COM - Ketua Umum (Ketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Marciano Norman, menyampaikan harapannya agar lembaga yang dipimpinnya lebih diberdayakan lagi oleh Pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dalam pembinaan olahraga prestasi.

“Saya berdoa, siapapun yang menjadi Menpora pilihan Bapak Presiden, adalah orang yang bisa memberdayakan KONI sebaik mungkin,” ujarnya di Jakarta,  Jumat (24/3/2023).

Ia mengapresiasi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) sebelumnya, Zainudin Amali yang banyak berjasa.

“Pak Zainudin Amali adalah figur yang tepat sebagai Menpora, beliau adalah seorang yang mau mendengar dari komunitas yang mana menjadi tanggung jawabnya. Pak Zainudin di mata saya bijak dan memotivasi, dan keluar dengan pikiran baru serta mau mendengar masukan dari seluruh pihak terkait,” sebutnya sembari mengapresiasi hubungan KONI Pusat dan Kemenpora yang semakin membaik.

Satu hal yang baik adalah memberdayakan KONI Pusat dalam multievent internasional. KONI Pusat memberikan masukan-masukan kepada Kemenpora untuk meningkatkan prestasi olahraga.

“Menpora (Zainudin Amali) telah memberikan kami peluang evaluasi pada saat SEA Games Filipina dan SEA Games Vietnam,” terang Marciano.

Mantan Kepala BIN itu juga merasa kehilangan dengan sosok Menpora Zainudin Amali namun roda kepemimpinan akan selalu berganti dan KONI Pusat siap mendukung pemerintah dalam upaya mengantar atlet menjadi juara.

Jasa Zainudin Amali terpenting adalah melahirkan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). “DBON mimpi besar Bangsa Indonesia, dicantumkan pada 2032 kita masuk peringkat 10 dunia (pada Olimpiade), kemudian pada 2044 kita masuk peringkat 5 besar dunia,” ujarnya.

Halaman : 1