Cerita Acha Septriasa yang Tak Menyangka Menjadi Pocong dalam Film "Mumun"

SHARE

Aktris Acha Septriasa mengaku tak menyangka dirinya akan bertransformasi menjadi pocong di film "Mumun" garapan sutradara Rizal Mantovani, yang merupakan adaptasi dari sinetron hit tahun 2000-an berjudul "Jadi Pocong".


CARAPANDANG - Aktris Acha Septriasa mengaku tak menyangka dirinya akan bertransformasi menjadi pocong di film "Mumun" garapan sutradara Rizal Mantovani, yang merupakan adaptasi dari sinetron hit tahun 2000-an berjudul "Jadi Pocong".

"Waktu itu aku sempat dengar (Jadi Pocong) akan difilmkan, tapi enggak menyangka kalau aku jadi pocongnya," kata Acha saat berkunjung ke kantor ANTARA di Jakarta, Senin.

Acha menambahkan, awalnya dia mengira bahwa dirinya hanya akan berperan sebagai si kembar Mumun dan Mimin, sedangkan Pocong Mumun akan dimainkan oleh aktor lain.

"Kirain pocongnya itu kayaknya ada yang nakutin aja, maksudnya kalau jadi pocong ya mukanya aja terus bukan aku yang mainin. Tapi ternyata beda, Mas Rizal bilang 'ini nanti kamu ya yang makeup jadi pocong' dan aku hah (kaget)," tutur Acha.

"Pada saat tes makeup, aku sampai enggak berani liat muka aku. Jadi tolong jangan ada kaca dong di depan muka gue kalau pas lagi di-makeup-in jadi pocong," lanjutnya.

Untuk mendalami perannya sebagai pocong Mumun, Acha bercerita dia berusaha menggunakan imajinasinya ketika dia sudah memakai kostum pocong.

"Ini karakternya harus di-create karena belum pernah ketemu langsung, belum pernah tahu dunianya. Jadi itu berdasarkan imajinasi aja dan ketika dibawakan kostum dan makeup yang sangat merepresentasikan dunianya pocong itu sendiri akhirnya harus dimasukin karakternya," ujar Acha.

Namun, Acha mengatakan dirinya tidak mau terlalu mendalami perannya sebagai pocong untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Untuk itu, saat melakukan adegan menyeramkan di lokasi syuting, Acha selalu meminta sutradara untuk memutarkan lagu untuk membantu membangun nuansa horor meski dirinya tak begitu mendalami karakter tersebut.

"Takutnya malah kebawa jadi hantunya, karena aku agak-agak sensitif nih. Jadi aku minta sama Mas Rizal tolong puterin lagu setiap adegan horor atau serem sehingga tanpa gue harus mendalami karakter sebagai pocong pun itu penampakannya udah serem," tutur Acha.

"Jadi itu biar aku tetap napak dan bener-bener jiwa raga aku menyadari bahwa aku sedang syuting, jadi enggak kebawa," sambungnya.

Tayang pada 1 September 2022, film "Mumun" bercerita tentang sepasang kekasih yakni Mumun (Acha Septriasa) dan Juned (Dimas Aditya). Sayangnya, kisah cinta mereka harus berakhir karena Mumun meninggal tertabrak truk.

Di hari pemakaman, Husein (Mandra) si tukang gali kubur lupa membuka ikatan pocong Mumun. Pocong Mumun pun gentayangan menyebar teror menghantui warga desa dan mencari Jefri (Volland Humonggio) untuk balas dendam.