Peringati HSN Santri Ponpes di Maros Sulsel Berlomba MQK

SHARE

Suasana Musabaqah Qiraatil Kutub (MQK) atau lomba baca kitab kuning antarpondok pesantren dalam rangkaian memperingati Hari Santri Nasional (HSN) di Pondok Pesantren Nahdlatul Ulum Soreang, Kecamatan Lau, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.


CARAPANDANG - Sebanyak 11 pondok pesantren di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, mengikuti Musabaqah Qiraatil Kutub (MQK) atau lomba membaca kitab kuning dalam rangkaian memperingati Hari Santri Nasional (HSN) 22 Oktober 2022.

"Kegiatan ini baru pertama kali dilaksanakan di Maros dan menjadi salah satu rangkaian memperingati Hari Santri," ujar Koordinator MQK HSN 2022 Nurhidayah di Maros, Jumat (21/10).

Lomba membaca kita kuning tersebut dilaksanakan di Pondok Pesantren Nahdlatul Ulum Soreang Kecamatan Lau, Maros. Tercatat, 11 pondok pesantren ambil bagian dalam perlombaan.

Sekertaris Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Maros itu berharap kegiatan tersebut rutin dilaksanakan setiap tahun untuk memberdayakan santri serta mempertahankan tradisi para ulama terdahulu mengamalkan kitab kuning.

"Tentunya dengan kegiatan ini akan menjadi motivasi bagi pesantren, pembina, dan santri dalam mempelajari kitab kuning guna mendapatkan berkah dan ilmu sekalian mengamalkannya.

Untuk kategori kitab kuning yang dilombakan ada tiga yakni, Fatul Qarib, Safinatunnaja' dan Syarah Aljurumiyyah,

Sedangkan pondok pesantren yang mengikuti lomba MQK HSN tahun 2022 masing-masing, Pondok Pesantren Tahfiz Al Quran (PPTQ) Ass'adah, PPTQ Ilmu Yaqin.

Selanjutnya, PP Raudhatul Rasyidin, PP Nurul Ikhwan, PP Yafat Baji, PP Sayyidina Ubay Bin Kaab, PP HJ Haniah, PP Yadi Bontocina dan PP Nahdlatul Ulum.