Gubernur Ansar: Vaksinasi Penguat Menunggu Izin Dari Kemenkes

SHARE

Istimewa


CARAPANDANG - Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad mengatakan pihaknya masih menunggu izin dan instruksi dari Kementerian Kesehatan untuk memulai vaksinasi ketiga atau penguat.

"Kami masih menunggu petunjuk teknis pelaksanaan vaksin penguat bagi masyarakat," kata Ansar di Tanjungpinang, Selasa.

Sesuai instruksi Presiden Joko Widodo, katanya, pemerintah akan memulai vaksin penguat pada Tanggal 12 Januari 2022 untuk mengantisipasi dampak penyebaran COVID-19 varian Omicron di Indonesia.

Ansar merencanakan peluncuran program vaksin dosis tiga di Kepri akan dibarengi dengan kunjungan kerja Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian pada Tanggal 13-14 Januari 2022.

"Kalau izin dari Kemenkes sudah keluar besok, kami bisa memulai vaksin penguat dengan memanfaatkan momen kunjungan Mendagri ke Kepri," ujarnya.

Provinsi Kepri, lanjut dia, memang termasuk dalam daerah yang memenuhi kriteria untuk melaksanakan penyuntikan vaksin penguat.

Gubernur mengatakan syarat daerah yang bisa melakukan vaksinasi penguat adalah sudah melebihi capaian 70 persen untuk vaksinasi dosis satu dan sudah melebihi capaian 60 persen untuk vaksinasi dosis dua.

"Di Kepri, ada empat kabupaten/kota yang memenuhi syarat tersebut, yaitu Kota Tanjungpinang, Kota Batam, Kabupaten Bintan dan Kabupaten Natuna," ucap Ansar.

Terkait sasaran vaksin penguat, katanya, pemerintah pusat memprioritaskan pemberian vaksin itu bagi kelompok lansia dan kelompok rentan. Lalu pemberian vaksin penguat juga diberikan pada kelompok Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS Kesehatan. Sementara menyangkut target vaksinasi lainnya, skemanya masih digodok pemerintah pusat.

"Kalaupun izin dari pusat untuk vaksin penguat belum keluar, kunjungan Mendagri nanti kami gantikan dengan vaksinasi anak. Yang jelas kunjungan menteri itu harus dibarengi dengan serbuan vaksinasi," katanya.

Lebih lanjut Ansar menyampaikan terkait kunjungan kerja Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian ke Kepri, akan diisi dengan beberapa agenda. Selain peninjauan vaksinasi, Tito Karnavian juga akan meninjau perbatasan negara Indonesia di Karang Singa dan memberikan pengarahan pada seluruh Forkompimda Kepri.

Tito dijadwalkan akan datang ke Kepri bersama Wakil Menteri Pertahanan Letjen TNI Muhammad Herindra dan Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) Laksamana Madya TNI Aan Kurnia.