Putus Mata Rantai Penularan COVID-19, Pemerintah Larang Masyarakat Isolasi Mandiri

SHARE

Wakil Wali kota Batam, Amsakar


CARAPANDANG.COM - Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau, melarang warga yang terkonfirmasi positif COVID-19 menjalani isolasi mandiri di kediaman masing-masing demi memutus potensi penyebaran virus corona.

"Isolasi mandiri, meski dibolehkan oleh regulasi, tapi berpotensi mendistribusikan virus dengan cepat ke sanak famili yang lain," kata Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad di Batam, Rabu (2/2/2022).

Apalagi, varian yang kini tengah berkembang di masyarakat adalah Omicron yang memiliki tingkat penyebaran relatif lebih cepat.  

Berdasarkan catatan Pemkot Batam, lebih dari 50 persen warga terkonfirmasi positif COVID-19 di daerah setempat adalah varian Omicron.

"Karena tren sekarang Omicron yang tingkat penyebarannya sangat cepat maka kami perlu menghindari itu dengan cara memutus mata rantai sebaran," kata Wakil Wali Kota.

Ia menyampaikan kebijakan itu diambil berdasarkan pengalaman pada Juni-Juli 2021, saat puncak penularan COVID-19 di Batam. Pada saat itu, banyak warga yang memilih menjalani isolasi mandiri.

Ketika pemerintah membuat kebijakan isolasi terpadu di Asrama Haji maka angka penularan relatif berkurang pada Agustus 2021.

"Dulu pada Juni-Juli 2021 ada ledakan penularan, antara lain disebabkan dengan isolasi mandiri. Grafik kurva terparah dalam sejarah COVID-19 di Batam ada di bulan Juni dan Juli 2021. Yang ingin saya katakan, kebijakan ini kami ambil, karena melihat tren Juni-Juli yang lalu, yang angka ledakannya besar saat itu," kata dia.

Menurut Amsakar, isolasi mandiri tidak menjamin kontak warga terpapar virus dengan anggota keluarga lain terputus. Apalagi ibu dengan anak, suami dengan istri dan anggota keluarga yang lain.

Sedangkan dengan isolasi terpadu, warga terpapar harus menjalani isolasi terpisah dari keluarga dan kerabatnya yang negatif COVID-19.

Saat ini, seluruh warga yang positif COVID-19 menjalani isolasi di rumah sakit, termasuk RSKI Pulau Galang.

Halaman : 1