Lexus Luncurkan All-New RZ dengan BEV Murni Pertama untuk Pasar Global

SHARE

Istimewa


CARAPANDANG - Lexus mengenalkan All-New RZ sebagai mobil listrik berpenggerak baterai murni pertama (BEV) yang dipasarkan Lexus ke pasar global.

Kehadiran All-New RZ merupakan komitmen Lexus untuk realisasi netral karbon dengan menawarkan jajaran lengkap BEV di semua kategori mobil pada tahun 2030. Lima tahun kemudian, Lexus berupaya mencapai 100 persen penjualan BEV secara global.

"Kami percaya bahwa Lexus, pembuat mobil mewah yang mapan, harus terus mengejar penciptaan mobil yang menarik sambil menghormati lingkungan untuk mencapai masyarakat netral karbon. RZ telah dikembangkan dengan tujuan menciptakan Lexus BEV unik yang aman untuk dikendarai dan menyenangkan untuk dikendarai," kata Chief Engineer Electrified Lexus Global, Takashi Watanabe dalam siaran pers, Kamis.

Sebagai mobil BEV khusus pertama yang tersedia secara global dari Lexus, RZ menandai transisi Lexus menjadi merek yang berpusat pada BEV, dan mewujudkan desain kendaraan yang unik dengan pengalaman berkendara yang dibantu teknologi elektrifikasi canggih.

Untuk performa berkendara, mobil itu memakai platform BEV (e-TNGA), berbodi ringan dan kokoh guna meningkatkan performa melalui distribusi bobot yang optimal berkat penempatan baterai dan motor yang ideal.

All-New RZ menggunakan adopsi kontrol kemudi baru dan sistem Steer-by-Wire serta sistem penggerak semua roda DIRECT4 yang berteknologi elektrifikasi.

Secara desain, Lexus ingin menampilkan SUV yang dinamis sambil menunjukkan performa yang efisien, aerodinamis, serta tetap stylish. Interiornya mengusung konsep minimalis untuk memberikan ruang yang lebih lapang kepada pengguna.

"DIRECT4, teknologi inti Lexus Electrified, adalah sistem penggerak semua roda yang menghasilkan respons cepat dan linier sesuai dengan masukan pengemudi," kata dia.

Lexus belum mengumumkan harga All-New RZ.

Spesifikasi singkat:

Overall length 4.805 mm
Overall width 1.895 mm
Overall height 1.635 mm
Wheelbase 2.850 mm
Tire size 18/20 inches
Cruise range Approx. 450 km
Battery capacity 71.4 kWh
Output (kW) Front 150 (kW) Rear 80 (kW)