Bupati Buka Kemah Besar Pramuka Kabupaten Pohuwato

SHARE

Bupati Buka Kemah Besar Pramuka Kabupaten Pohuwato


Liputan : Hamid Toliu

CARAPANDANG [POHUWTO] - Kemah besar pramuka pohuwato (KBPP) yang berlangsung di lapangan Desa Tahele Kecamatan Popayato Timur dibuka Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Pohuwato, Saipul A. Mbuinga dan dihadiri Wakamabicab, Suharsi Igirisa, Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Pohuwato, Nasir Giasi, Sekretaris Mabicab, Iskandar Datau, Ketua TP. PKK Pohuwato, Selvi Mbuinga Monoarfa, Kamis, (11/08/2022).
Pembukaan tersebut ditandai dengan penekanan tombol yang selanjutnya muncul maskot maleo. Maleo atau dikenal dengan panua adalah salah satu burung endemic di pulau sulawesi salah satunya di kabupaten pohuwato.     
Bupati Pohuwato, Saipul Mbuinga yang juga selaku Kamabicab Pohuwato memberikan apresiasi yang sangat besar kepada kita semua atas pelaksanaan kegiatan ini yang insyaallah berjalan dengan baik. “Berbicara tentang kualitas pramuka di kabupaten pohuwato tentu tidak diragukan lagi, terbukti bahwa kwarcab pohuwato telah menorehkan banyak prestasi khusunya sebagai kwarcab tergiat selama empat kali di tingkat kwartir daerah. Selalu aktif mengutus peserta yang mengikuti kegiatan daerah maupun nasional. Bahkan saat ini pula dihadapan kita semua akan di lepas peserta jambore nasional XI (sebelas) sebanyak 16 (enam belas) orang terdiri dari adik-adik penggalang yang diseleksi secara ketat oleh kwarcab pohuwato, mereka akan mengikuti giat pramuka di bumi perkemahan nasional cibubur jakarta, dari 14 sampai 21 Agustus 2022”,ungkap bupati.
Menurut Kamabicab, Saipul, pramuka adalah organisasi yang bergerak dalam dunia pendidikan, baik formal maupun non formal. “Kwarcab pohuwato telah melahirkan sebanyak 542 pramuka garuda, mereka adalah adik-adik handal yang di didik oleh para pembina, hingga suatu saat merekalah sebagai penurus  sumber daya manusia, siap pakai serta mahir dalam berbagai karya.

Whats-App-Image-2022-08-12-at-05-31-03
Selaku Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Pohuwato, mari hidupkan kembali pembinaan karakter peserta didik melalui gerakan pramuka, jaga lingkungan sekolah dengan baik. Jangan ada sampah yang berserakan, sering-seringlah melaksanakan pembelajaran melalui metode kepramukaan. Tanamkan jiwa nasionalisme dalam diri mereka, didik mereka dengan tujuan tri satya dan dhasa darma pramuka. “Tujuan kegiatan kemah besar pramuka pohuwato dilaksanakan adalah membangun kembali silaturahmi yang sekitar dua tahun tak pernah berkumpul karena masih dilanda covid. Maka saya harap jangan jadikan kegiatan ini hanya sebatas ajang perlombaan saja, tapi penting buat kita memupuk kebersamaan, mengeratkan tali persaudaraan antar sesama anggota pramuka. Ceria, berdedikasih dan berkarakter mulia, itulah jiwa pramuka. Kegiatan pramuka ini juga merupakan rangkaian dari kegiatan dalam rangka memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia yang dipusatkan di wilayah barat pohuwato”,pungkas Saipul Mbuinga.
Sementara itu, Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Pohuwato, Nasir Giasi menjelaskan, setelah dua tahun sebelumnya Kwarcab Pohuwato tidak melaksanakan perkemahan karena adanya pandemi covid-19. Dilaksanakannya pramuka di popayato timur insyallah akan menggerakan perekonomian disini, karena banyaknya peserta yang mengikuti kegiatan selama 4 hari kedepan. “Pramuka pohuwato kiranya menjadi generasi yang menjauhi narkotika dan obat-obatan terlarang, generasi muda pohuwato jangan terjerumus dalam jurang narkotika”,ungkap Ketua DPRD Pohuwato, Nasir Giasi.
Kegiatan dilanjutkan atraksi dari para siswa dan kemudian peninjauan kwartir ranting oleh bupati, wakil bupati dan ketua DPRD.  ###