DPRD Kotim Berharap Pemulihan Ekonomi Daerah Berlangsung Cepat

SHARE

istimewa


CARAPANDANG.COM - Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Rudianur berharap pemulihan ekonomi di daerah ini pascapandemi COVID-19 bisa berlangsung cepat sehingga masyarakat kembali bisa menjalankan hidup lebih baik.

"Alhamdulillah sekarang kasus COVID-19 tidak ada lagi sehingga kegiatan masyarakat pun berangsur membaik. Mudah-mudahan pandemi ini segera berakhir dan perekonomian kita bisa pulih semakin cepat," kata Rudianur di Sampit, Kamis.

Berdasarkan data Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kotawaringin Timur, pandemi COVID-19 memicu meningkatnya jumlah pengangguran di Kabupaten Kotawaringin Timur selama 2020, bahkan tercatat terjadi penambahan 1.789 orang.

Pada tahun 2020 terjadi lonjakan jumlah pengangguran terbuka mencapai 17,39 persen. Meningkat dari 10.287 jiwa pada tahun 2019 menjadi 12.076 jiwa pada tahun 2020.

Berdasarkan data, di tahun yang sama juga terlihat penurunan jumlah penduduk bekerja sebesar 0,78 poin yakni menjadi 94,75 persen dari 95,53 persen pada 2019. Sementara itu pada angka tingkat partisipasi angkatan kerja atau TPAK maupun jumlah angkatan kerja, tidak terjadi perubahan yang signifikan antara tahun 2019 hingga 2020.

Rudianur mengakui, bukan perkara mudah untuk mengembalikan kondisi perekonomian daerah seperti sebelumnya, namun hal itu juga bukan sesuatu yang mustahil. Dia berharap pemulihan ekonomi Kotawaringin Timur bisa berlangsung lebih cepat.

Terus dilonggarkannya pembatasan kegiatan masyarakat merupakan hal yang sangat baik bagi pemulihan ekonomi. Kembali menggeliatnya perekonomian di semua sektor diharapkan akan memacu kembali pertumbuhan ekonomi di Kotawaringin Timur.
 

Halaman : 1