Gubernur Khofifah Minta Peserta PKN II Sensitif Isu-Isu Global

SHARE

istimewa


CARAPANDANG.COM- Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meminta peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan XXIV Tahun 2022 sensitif terhadap atas isu-isu global.

"Utamanya terkait potensi dunia mengalami krisis pangan, krisis energi serta krisis keuangan yang bisa mengancam kestabilan dalam negeri," ujarnya dalam siaran pers di Surabaya, Selasa.

Orang nomor satu di Pemprov Jatim tersebut berkesempatan membuka PKN II di Coorporate University BPSDM Jatim di Surabaya, Senin (22/8) malam.

Menurut Khofifah, pemahaman terkait geopolitik dan geostrategis menjadi penting di luar kompetensi ASN yang dimiliki, terlebih saat ini dinamika internasional sangat fluktuatif.

Hal ini, kata dia, seiring dengan arahan Presiden Joko Widodo bahwa tiga krisis tengah mengancam dunia internasional, termasuk Indonesia harus waspada, yaitu krisis pangan, energi dan keuangan.

Selain itu, isu inflasi di berbagai negara juga patut menjadi perhatian bersama.

"Betapa sensitivitas kita semua menjadi penting untuk melihat betapa besarnya pengaruh inflasi bagi tatanan kesejahteraan masyarakat. Oleh sebab itu di luar kompetensi ASN yang diberikan maka geopolitik dan geostrategis menjadi penting," ucapnya.

"Di sektor apapun, kepala dinas, sekda, wali kota, hingga gubernur, semuanya harus melakukan berbagai langkah mitigatif yang serius," tuturnya menambahkan.
 

Halaman : 1