Cara Tahan Hasrat Ingin Ngemil Saat Puasa Berselang

SHARE

Ilustrasi | Istimewa


CARAPANDANG.COM - Puasa berselang atau puasa intermiten adalah jenis diet dengan siklus periode makan dan tidak makan atau dikenal dengan sebutan jendela makan.

Ini adalah cara yang disebut oleh para ahli diet cukup efektif untuk mengendalikan nafsu makan dan menurunkan berat badan, tetapi juga bisa menyulitkan pikiran anda.

Jika anda terbiasa makan atau ngemil sepanjang waktu, tiba-tiba berpuasa selama 12 jam atau lebih, maka ini bisa menjadi tantangan. Ada beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk menekan hasrat untuk ngemil saat menjalani puasa intermiten seperti dilaporkan oleh Scitechdaily pada Minggu.

1. Rencanakan

Jika anda tahu bahwa waktu tertentu akan sulit bagi anda dalam melakukan puasa berselang, maka buatlah rencana. Anda bisa melakukan puasa tepat setelah makan siang di kantor atau tepat sebelum makan malam di rumah bersama keluarga.

Rencanakan apa yang akan anda lakukan selama waktu itu, sehingga ketika rasa lapar menyerang, anda memiliki suatu rencana menyenangkan yang akan mengalihkan pikiran anda dari makanan untuk sementara waktu.

2. Mulailah dengan tujuan kecil

Jika anda baru mengenal puasa intermiten, jangan mulai dengan puasa 16 jam bahkan lebih. Sebagai gantinya, mulailah dengan berpuasa selama 8 hingga 12 jam pada awalnya dan lihat seberapa mudah anda melewatinya. Kemudian, secara bertahap tingkatkan durasi puasa anda satu jam atau lebih setiap minggu hingga anda mencapai durasi yang diinginkan.

Halaman : 1