Omicron Menyerang dan Varian Delta Masih "Gentayangan"

SHARE

Ilustrasi


CARAPANDANG - Kepala Sub Bidang Dukungan Kesehatan Satgas COVID-19 Brigjen TNI (Pur) Alexander K. Ginting menegaskan varian Delta saat ini masih terus bersirkulasi meski Indonesia sedang menghadapi gelombang ketiga akibat Omicron.

“Di Indonesia ini tidak melulu soal Omicron. Ada laporan-laporan yang masih menyatakan bahwa varian Delta juga masih bersirkulasi,” katanya dalam seminar daring bertema "Strategi Menghadapi Gelombang Ketiga Pandemi" yang diikuti di Jakarta, Jumat (18/2/2022).

Ia menyebutkan data penyebaran varian SARS-CoV-2 per provinsi milik Satgas COVID-19 menunjukkan bila varian Delta masih bersirkulasi di tengah masyarakat dan cakupannya jauh lebih luas dibandingkan dengan Omicron.

Salah satu provinsi yang masih melaporkan banyaknya kasus COVID-19 karena varian Delta, kata dia, adalah Jawa Barat.

“Persoalannya sekarang banyak masyarakat yang selalu dibicarakan mengenai Omicron. Padahal di Indonesia, dilaporkan bahwa kita masih ada juga varian-varian Alfa, Beta, ada Delta,” katanya menegaskan.

Menurut dia  masyarakat tidak seharusnya berpolemik saat memeriksakan dirinya, baik di rumah sakit ataupun laboratorium, untuk mengetahui jenis varian COVID-19 apa yang mengenai dirinya

Halaman : 1