DKI Tuntaskan Saringan Sampah Kali Ciliwung Segmen TB Simatupang

SHARE

istimewa


CARAPANDANG.COM -  Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menuntaskan pembangunan saringan sampah di Kali Ciliwung pada Segmen TB Simatupang di perbatasan Pasar Rebo (Jakarta Timur) dengan Jagakarsa (Jakarta Selatan).

Saringan sampah di lokasi tersebut berdaya tampung sekitar 222 meter kubik (m3) per hari. Fasilitas itu untuk pengendalian banjir akibat meluapnya Kali Ciliwung.

"Selama ini terjadi penekanan volume sampah yang terkonsentrasi hanya pada satu titik penanganan di Pintu Air Manggarai dan Kali Ciliwung Jembatan Kampung Melayu," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Asep Kuswanto di Jakarta, Jumat

Proyek saringan dan penanganan sampah di Kali Ciliwung Segmen TB Simatupang itu dibangun dengan dua ponton terapung dan satu bangunan segmen untuk penanganan berlapis, yakni penyaringan dan pencacahan sampah.

Sistem kerja saringan tersebut, yakni ponton terapung yang diterapkan di lokasi saringan berfungsi untuk mengarahkan sampah ke segmen sungai sehingga dapat menghindari tumpukan akibat sampah yang tertahan di badan air.

Saringan dilakukan secara berlapis sehingga pengambilan sampah dari Kali Ciliwung dapat dilakukan secara berjenjang, dari saringan kasar sampai ke saringan lebih halus.

Proses penyaringan sampah dibagi dalam dua tahap penyaringan dan dua tahap pencacahan sampah organik.

Halaman : 1