Apple Disebut Tengah Garap Laptop Berukuran 12"

SHARE

Apple Disebut Tengah Garap Laptop Berukuran 12"


CARAPANDANG - Penjualan MacBook Air dan Pro M2 Series akan segera dilakukan pada bulan depan, menurut laporan sebuah situs.

Pengumuman mengenai perilisan MacBook Air 13,6 inci ini disampaikan Apple di forum WWDC pada pekan ini.

Apple juga mengungkapkan bahwa Macbook Air tersebut akan ditenagai chip M2 yang juga baru dirilis dalam momen yang sama.

Dalam laporan lain, Apple juga disebut tengah mempersiapkan Macbook Air 15 inci. Laptop yang terakhir ini dikabarkan bakal meluncur sebelum musim dingin nanti dan akan menjadi MacBook Air pertama yang mempunyai ukuran itu.

MacBook Air 15" adalah versi lebar dari MacBook Air 13,6" yang diumumkan pekan ini, yang artinya dia juga tidak akan memiliki frame berdesain khas laptop bikinan Apple (wedge-shaped).

Laporan yang sama memberitakan kalau Apple juga sedang menggarap laptop ukuran 12", tapi ini disiapkan untuk diluncurkan pada akhir 2023 atau malah awal 2024.

Jika itu benar dan terealisasi, laptop tersebut akan menjadi laptop terkecil Apple sejak perusahaan memutus produksi MacBook 12 inci pada 2019 lalu.

Meskipun hingga kini belum jelas apakah model yang dibahas ini termasuk MacBook Air atau ada di seri Pro.

Kabar lainnya adalah Apple sedang merancang M2 Pro dan M2 Max untuk ditanam di seri MacBook Pro. Direncanakan dirilis akhir 2022, laptop high-end Apple itu kelihatannya akan mundur ke awal 2023.

Mereka diberi kode J414 dan J416 yang berarti akan hadir dalam ukuran 14 and 16".

Chip M2 Pro diberitakan bakal sudah memasuki produksi massal pada tahun ini juga dan akan dibuat oleh TSMC. Chip ini akan berbasis proses 3nm dan datang dengan 4 inti efisiensi dan 8 performa.

Sedangkan M2 Max disebutkan mencakup pula 12 inti pemrosesan utama dan 38 inti grafis. Apple telah pula memulai pengembangan chip M3 yang diharapkan untuk digunakan pada iMac di masa depan.