Dinkes Kota Depok: Masyarakat Waspadai Penyakit Gagal Ginjal Akut Pada Anak

SHARE

Kepala Dinkes Kota Depok Mary Liziawati


CARAPANDANG - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Jawa Barat, meminta masyarakat untuk mewaspadai penyakit gangguan gagal ginjal akut pada anak dengan mengenali gejala penyakit tersebut.

"Perhatikan frekuensi buang air kecil, urine sedikit, dan warna urine berubah menjadi cokelat," kata Kepala Dinkes Kota Depok Mary Liziawati di Depok, Jumat.

Mary menambahkan, gejala lainnya yang timbul pada gangguan ginjal akut yaitu demam, batuk, pilek pada anak usia 0-18 tahun. Kemudian, infeksi saluran cerna seperti mual dan muntah.

Jika mengalami gejala tersebut, kata dia, segera membawa anak ke fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) guna mendapatkan penanganan lebih lanjut. Kemudian, pastikan anak mendapatkan cairan yang cukup selama sakit.

"Cukupi cairan harian, konsumsi makanan lengkap dan gizi seimbang. Selain itu juga perlu menerapkan pola hidup sehat," katanya.

Gangguan ginjal akut pada anak disebut juga Acute Kidney Injury (AKI). Penyakit tersebut menyebabkan terjadinya penurunan secara tiba-tiba pada fungsi ginjal.

Mary juga mengimbau masyarakat melaksanakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dan menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).