Desa Latta dan Galala di Kota Ambon akan Laksanakan Pilkades Sistem E-voting

SHARE

 Kepala Bagian Pemerintahan Kota Ambon Ema Waliulu


CARAPANDANG - Kepala Bagian Pemerintahan Kota Ambon Ema Waliulu mengatakan bahwa dua desa di kota tersebut yakni Latta dan Galala akan menggelar pemilihan kepala desa (pilkades) dengan  sistem e-voting.

"Ke dua desa tersebut merupakan pilot project pilkades," kata Ema di Ambon, Selasa (25/1).

Dia mengatakan bahwa dua desa yang diambil sampel adalah desa Latta dan Galala pelaksanaan e-voting dengan pertimbangan daftar pemilih tetap paling sedikit daripada DPT desa/negeri lainnya yang melaksanakan pilkades.

Sebelum Pilkades sistem e-voting, lanjut dia, pihaknya akan mengadakan pelatihan dan simulasi penggunaan alat. Pelatihan dan simulasi e-voting akan dilakukan panita tingkat kota dengan narasumber dari pusat.

Sebelumnya, perwakilan dari Desa Latta dan Galala telah diikutkan pada simulasi di Kementerian Dalam Negeri.

Disebutkan pula bahwa pilkades serentak akan dilaksanakan pada tanggal 7 Maret 2022 di delapan desa dan satu negeri, yakni Wayame, Negeri Lama, Poka, Hunuth, Nania, Waiheru, Latta, dan desa Galala serta Negeri Hative Kecil.

Berbagai tahapan, kata dia, telah dilaksanakan dalam pelaksanaan Pilkades serentak, termasuk sosialisasi aturan-aturannya.

Ia menyebutkan salah satu hal yang ada dalam regulasi adalah beban anggaran yang hampir semuanya ada pada panitia tingkat kota. Sementara itu, di tingkat desa/negeri, anggaran yang dibebankan hanyalah pada hari-H pemungutan suara.

Adapun logistik pilkades, lanjut dia, semuanya dibebankan pada panitia tingkat kota, sedangkan untuk desa/negeri hanya dibebankan anggaran untuk insentif kelompok panitia pemungutan suara dan anggaran makan minum.