DPRD Gorontalo Utara Imbau Warga Mewaspadai Cuaca Ekstrem

SHARE

istimewa


CARAPANDANG.COM - DPRD Gorontalo Utara Provinsi Gorontalo, Wisye Pangemanan mengimbau warga di wilayah pesisir utara khususnya di wilayah barat kabupaten tersebut, untuk mewaspadai cuaca ekstrem.

"Saya prihatin dengan tingginya insiden nelayan atau warga tenggelam akibat terseret gelombang tinggi di wilayah barat kabupaten ini," kata Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gorontalo Utara tersebut, di Gorontalo, Jumat.

Seperti musibah hilangnya warga Biau saat sedang memancing di pantai Dusun Kota Jin, Desa Tolinggula Pantai Kecamatan Tolinggula.

Keprihatinan itu ia sampaikan, mengingat insiden berulang tersebut selalu mewarnai wilayah itu setiap tahun.

"Kita perlu mewaspadai cuaca ekstrem apalagi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah menginformasikan prakiraan cuaca yang cukup ekstrem akan melanda wilayah ini hingga akhir Februari. Ini perlu menjadi perhatian bersama," katanya yang langsung ikut bersama warga melakukan pencarian sejak Kamis (17/2) pukul 16.00 Wita.

Setelah menerima informasi dari warga, kata dia, langsung berkoordinasi dengan pihak Polsek Tolinggula dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk segera melakukan pencarian.

Ini pelajaran bagi warga agar tidak nekat melaut saat cuaca ekstrem. "Kita berupaya menghindari area pantai untuk sementara ini, sebagai bentuk kewaspadaan menghadapi cuaca ekstrem," katanya lagi.

Diakuinya, ada ribuan warga di wilayah itu berprofesi sebagai nelayan. Data pihak Dinas Kelautan dan Perikanan setempat menyebut, ada sekitar 4.700 warga berprofesi sebagai nelayan.

"Mereka mencari nafkah untuk keluarganya sehingga aktivitas ini perlu didukung. Namun perlu diimbau untuk berhati-hati saat cuaca ekstrem melanda sebab keselamatan diri harus menjadi prioritas," katanya pula.

Halaman : 1