Anies Imbau Masyarakat Ikut Meramaikan Pasar Tradisional

SHARE

carapandang.com | Anies Baswedan


CARAPANDANG - Seiring dengan pembaharuan pasar-pasar di Jakarta yang dilakukan oleh Perumda Pasar Jaya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengimbau masyarakat untuk ikut meramaikan pasar tradisional yakni dengan membawa anggota keluarganya.

Anies mengatakan masyarakat punya peran untuk meramaikan pasar mengingat pasar selain wadah bertemunya penjual dengan pembeli, juga wadah rinteraksi masyarakat.

"Saya mengajak untuk meramaikan pasar, karena pasar adalah juga tempat berinteraksinya masyarakat, karena itulah pasar tradisional jangan sampai hilang," kata Anies di Jakarta, Kamis.

Anies menyampaikan bahwa dengan meramaikan pasar bersama keluarga, menjadi bagian dari proses mendidik generasi penerus agar pasar tetap menjadi simpul perekonomian, karenanya pasar harus terus dikembangkan sesuai zaman, namun tak menghilangkan seni aslinya.

Pasalnya, lanjut Anies, hanya di pasar tradisional terdapat seni tawar menawar yang tidak dapat dilakukan di pasar modern saat ini dan tetap dipertahankan untuk dapat dikenalkan pada generasi berikutnya.

"Saya mengajak kepada semua supaya ada program membawa anak untuk ikut ke pasar membawa supaya mereka terbiasa dalam suasana transaksi pasar," ucapnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Dirut Perumda Pasar Jaya Tri Prasetyo meresmikan empat pasar di Jakarta dengan wajah baru pada Kamis ini.

Empat pasar yang diresmikan hari ini yakni Pasar Cipinang Kebembem, Pasar Sawah Barat, Pasar Tanah Tinggi Poncol dan Pasar Tebet Barat, secara simbolis dilaksanakan di Pasar Cipinang Kebembem.

"Izinkan hari ini saya menyampaikan Pasar Cipinang Kebembem, Pasar Sawah Barat, Pasar Tanah Tinggi Poncol, dan Pasar Tebet Barat dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim pada hari ini Kamis tanggal 22 September 2022 dengan ini secara resmi dinyatakan dibuka," kata Anies di lokasi peresmian, Kamis.

Anies berharap dengan diresmikannya pasar yang memiliki tampilan baru ini akan turut memberikan dampak besar pada peningkatan kesejahteraan dan perekonomian bagi masyarakat Jakarta.

Selain itu, Anies juga mengharap dengan adanya pembaharuan pasar di ibu kota kebutuhan dasar masyarakat yakni pangan bisa terjamin, baik dalam hal pasokan, sampai dengan harganya.

"Pangan adalah kebutuhan dasar masyarakat, karenanya memastikan pasokan pangan terjamin dengan baik, harga pangan terjamin stabil, itu yang dibutuhkan oleh setiap keluarga di Jakarta, dan tentu saja pasokan pangannya berkualitas. Jadi ini lah kebutuhan dasar utama terpenting yang sekarang kita sama-sama lihat disiapkan fasilitasnya yang lebih baik," ucap Anies.