Pemkab Pohuwato Adakan Coaching Clinic bagi Perangkat Desa Sekabupaten Pohuwato

SHARE

Pemerintah Kabupaten Pohuwato berupaya setiap tahun dapat melaksanakan kegiatan coaching clinic bagi perangkat desa sekabupaten Pohuwato dalam pengelolaan keuangan desa


POHUWATO, CARAPANDANG.COM - Coaching clinic aplikasi sistem dan tata kelola keuangan desa yang berlangsung di Hotel Amaris Kota Gorontalo dibuka Bupati Pohuwato Saipul A. Mbuinga yang turut dihadiri Kepala BPKP Perwakilan Provinsi Gorontalo Heru Tarsila, Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Gorontalo Arif Budiman, Kadis PMD Pohuwato Muzna Giasi dan Ketua APDESI Pohuwato Sirwan Mohi, Rabu, (23/11).

Dikatakan bupati, dengan diterbitkannya Undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa, maka Pemerintah Kabupaten Pohuwato berupaya setiap tahun dapat melaksanakan kegiatan coaching clinic bagi perangkat desa sekabupaten Pohuwato dalam pengelolaan keuangan desa agar pengetahuan dan penguasaan aparatur desa terhadap dinamika perundang-undangan yang terkait dengan penyelenggaraan pemerintahan desa terus terbarukan.

Selanjutnya dana desa sebagaimana diatur dalam peraturan Mendagri dan Peraturan Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal yang telah diterbitkan dan telah disosialisasikan, diharapkan nantinya tidak ada lagi keterlambatan dan kekeliruan dalam penyusunan anggaran pendapatan belanja desa tahun anggaran 2023 di tingkat desa.

“Kepada para kepala desa sekabupaten Pohuwato sebagai pengguna anggaran sekaligus pengelola keuangan desa untuk dapat mengikuti kegiatan coaching clinic ini dengan sebaik-baiknya, sehingga bisa menjadi pembelajaran dan referensi dalam pelaksanaan pengelolaan keuangan desa. Sehubungan dengan kegiatan ini juga kami berharap kedepan akan banyak perubahan yang terjadi di tingkat desa, dukungan anggaran dan regulasi yang memberikan peluang bagi desa untuk mengembangkan segala potensi yang ada merupakan bukti keseriusan pemerintah dalam membangun desa serta masyarakatnya," jelas Bupati.

Di akhir sambutannya, Saipul Mbuinga menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Kepala BPKP Perwakilan Provinsi Gorontalo atas dukungan dan kesediaannya berbagi pengalaman dan pengetahuan yang akan diberikan untuk para kepala desa, sekdes serta seluruh peserta.

Ucapan terima kasih pula disampaikan kepada Kepala BPJS Ketenagakerjaan, yang insyaallah pada kegiatan ini akan memberikan edukasi, pemahaman yang lebih komprehensif serta manfaat BPJS Ketenagakerjaan kepada perangkat desa sekabupaten Pohuwato.

“Saya berharap agar seluruh pemerintah desa dapat mengikutsertakan perangkat desa yang dipekerjakan, sehingga perangkat desa bisa merasa lebih nyaman dan aman dalam bekerja karena telah dilindungi dalam jaminan sosial ketenagakerjaan," tutup Bupati Saipul Mbuinga.

Kegiatan diawali penyerahan santunan jaminan kematian oleh bupati kepada perwakilan ahli waris, yang dilanjutkan dengan penandatanganan kesepakatan antara pemerintah kabupaten Pohuwato dengan BPJS Ketenagakerjaan tentang penyelenggaraan program jaminan sosial ketenagakerjaan bagi perangkat desa, BPD, dan pekerja rentan yang dilakukan Bupati Saipul Mbuinga dengan Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Gorontalo Arif Budiman. ###