Khitanan Massal Menjadi Salah Satu Agenda Gebyar SMS dan Dihadiri Bupati Pohuwato

SHARE

Khitanan Massal Menjadi Salah Satu Agenda Gebyar SMS dan Dihadiri Bupati Pohuwato


Laporan : Hamid Toliu

CARAPANDANG [POHUWATO] - Setiap pelaksanaan gebyar SMS, khitanan massal yang digelar oleh puskesmas kerjasama dinas kesehatan dan RSUD Bumi Panua serta tim khitan dr. Rahmat banyak diikuti anak-anak, dan setiap khitanan massal, Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga tetap meluangkan waktu untuk menyaksikan khitanan tersebut, baik itu sementara di baiat oleh imam maupun pada proses khitanan yang berlangsung.
Pendampingan oleh bupati tersebut tidak lain untuk memberikan semangat kepada anak-anak yang di khitan maupun para dokter selaku tim khitan. Untuk anak-anak, orang nomor satu di pohuwato itu tak lupa memberikan uang sebagai bentuk motivasi maupun penyemangat bagi anak-anak. 

Whats-App-Image-2022-05-26-at-08-17-52
Pantauan yang dilakukan selama gebyar SMS, secara pribadi Bupati Saipul Mbuinga tak lupa memberikan uang baik kepada yang sudah di khitan mapun yang akan di khitan. Seperti halnya di kecamatan buntulia, khitanan massal yang berlangsung di puskesmas buntulia didampingi langsung bupati sejak dari baiat sampai terlaksananya khitanan bagi beberapa anak tersebut. 
Selain khitanan massal, di puskesmas buntulia juga berlangsung pemasangan KB atau kontrasepsi implan bagi ibu-ibu rumah tangga, pelayanan pemeriksaan gula darah, tekanan darah, kolestrol dan asam urat dan juga pelayanan konseling ganguan mental dan emosional yang turut ditinjau Bupati Saipul bersama Wakil Bupati, Suharsi Igirisa dan Ketua TP.PKK Pohuwato, Selvi Mbuinga Monoarfa, Rabu, (25/5/2022). 
Selain itu, bupati bersama rombongan menemui para dokter spesialis yang melayani pemeriksaan ibu-ibu hamil serta pelayanan lainnya. Bupati Saipul berharap agar pelayanan kesehatan yang ada dapat dimanfaatkan dengan baik. Karena selain pemeriksaan ini di gratiskan juga telah didekatkan kepada masyarakat. Demikian pula kepada anak-anak yang di khitan, bupati memberikan semangat dan tidak perlu takut, karena khitan ini dialami oleh semua umat islam khususnya para lelaki. “Bagi ibu-ibu yang memiliki anak lelaki dan sudah bisa untuk di sunat disilahkan memanfaatkan kesempatan yang ada. Manfaat lain dari khitan yang dilaksanakan saat ini adalah selain didekatkan kepada masyarakat juga di gratiskan”,ucap Bupati Saipul.####