Kemendag Gelar Pameran Produk UMKM Bertema "Laskar UMKM Bangka Belitung Mendunia"

SHARE

Istimewa


CARAPANDANG - Kementerian Perdagangan mempromosikan produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) melalui pameran bertema "Laskar Bangka Belitung Mendunia" di Belitung untuk mengembangkan produk UMKM dan memulihkan ekonomi masyarakat.

"Pameran ini salah satu sinergi pemerintah pusat dengan daerah untuk memajukan, memperkuat  dan memandirikan pelaku UMKM terdampak COVID-19," kata Direktur Penggunaan dan Pemasaran Produk Dalam Negeri Kemendag Ida Rustini dalam keterangan pers yang diterima ANTARA Babel di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan saat ini dua belas kementerian mendapat amanah dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo untuk mengembangkan produk daerah agar ekonomi daerah yang sebelumnya sempat mengalami kontraksi dapat kembali pulih.

"Pameran produk UMKM ini sudah dimulai sejak Februari lalu. Berbagai kerja sama dibangun dengan beberapa pihak seperti Bank Indonesia, Bank BCA, Mustika Ratu, Wingsfood, serta BUMN daerah seperti Angkasa Pura dan PT Timah," ujarnya.

Selanjutnya rangkaian kegiatan pameran akan dilaksanakan di Summarecon Jakarta pada 20-24 April 2022. Dengan memamerkan identitas Babel melalui produk makanan maupun non makan.

"Nanti acara puncak akan digelar pada 11 Mei di Belitung dengan mengusung tema "Laskar UMKM Bangka Belitung Mendunia" dan akan ada banyak rangkaian kegiatan lainnya, seperti lomba maraton, pop up market, pelepasan ekspor, dan lainnya," katanya.

Ketua Dekranasda Provinsi Kepulauan Babel Melati Erzaldi menyambut baik program ini, produk UMKM Babel akan lebih dikenal luas.

"Sudah dilakukan rebranding, kurasi, upgrade, dan perbaikan-perbaikan produk. Nanti untuk pameran produk, yang kami tampilkan sudah dipastikan produk terbaik," katanya.