Sebagian Besar Provinsi Diprakirakan Hujan Lebat Disertai Angin

SHARE

Istimewa


CARAPANDANG - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini mengenai peluang hujan lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang di sebagian besar wilayah provinsi di Indonesia pada Senin.

Menurut informasi cuaca yang disiarkan di laman resmi BMKG, hujan lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang antara lain berpotensi mengguyur bagian wilayah Provinsi Aceh, Bangka Belitung, Jambi, Lampung, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Bali.

Bagian wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku, Papua, dan Papua Barat juga menghadapi potensi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang.

Daerah-daerah yang menghadapi potensi hujan lebat disertai angin kencang perlu mewaspadai kemungkinan terjadi bencana hidrometeorologi seperti banjir dan tanah longsor serta menjalankan upaya-upaya mitigasi.

Selain menyampaikan peringatan dini hujan lebat, BMKG mengeluarkan peringatan dini berkenaan dengan potensi kejadian kebakaran hutan dan lahan di bagian wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Waspada potensi meluasnya kebakaran hutan atau lahan di wilayah NTT," demikian peringatan BMKG.