Gubernur Khofifah Ajak Kembali Gunakan Masker di dalam Maupun Luar Ruangan

SHARE

istimewa


CARAPANDANG.COM -  Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengajak kembali masyarakat untuk kembali menggunakan masker, baik di dalam maupun di luar ruangan sebagai upaya pematuhan protokol kesehatan.

"Kembali disiplin protokol kesehatan harus dijaga, semuanya untuk mencegah dan mengendalikan COVID-19 yang mengalami kenaikan kasus akhir-akhir ini," ujarnya dalam keterangan tertulis diterima di Surabaya, Selasa.

Imbauan tersebut juga tindak lanjut arahan Presiden RI Joko Widodo terkait penggunaan masker untuk mencegah melonjaknya kembali penularan kasus.

Khofifah, yang saat ini sedang menunaikan ibadah haji di Tanah Suci tersebut menyampaikan kasus COVID-19 di Indonesia mulai mengalami kenaikan pada akhir Mei ini seiring masuknya subvarian BA.4 dan BA.5.

"Tingginya kasus tidak bisa dilepaskan dari masih meningkatnya tambahan kasus yang dipicu varian Omicron dan subvarian BA.4, BA.5," ucap orang nomor satu di Pemprov Jatim tersebut.

Berdasarkan data Satgas Penanganan COVID-19 Jatim sesuai data yang dikeluarkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), menunjukkan tambahan kasus COVID-19 selama sepekan terakhir (4-10 Juli 2022) mencapai 17.388, atau naik 29,13 persen dibandingkan pekan sebelumnya (27 Juni-3 Juli 2022) yang tercatat 13.466.

Lonjakan, kata dia, juga terjadi pada angka positivity rate, yaitu rata-rata di Indonesia pada sepekan terakhir mencapai 5,45 persen.

"Level tersebut di atas batas aman yang ditetapkan Badan Kesehatan Dunia (WHO) yakni 5 persen," kata gubernur perempuan pertama di Jatim itu.
 

Halaman : 1