PPKM Level 1 Diterapkan di Seluruh Daerah Bangka Belitung

SHARE

Istimewa


CARAPANDANG - Penularan virus corona di Kepulauan Bangka Belitung sudah mereda dan semua daerah di wilayah provinsi itu telah menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Level 1 menurut Satuan Tugas Penanganan COVID-19 setempat.

Sekretaris Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Mikron Antariksa di Pangkalpinang, Senin, mengatakan bahwa dalam sepekan terakhir tidak ada kasus infeksi virus corona baru di tujuh kabupaten dan kota yang ada di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Menurut dia, saat ini penderita infeksi virus corona yang masih menjalani karantina tinggal satu orang. "Pasien COVID-19 aktif, yang masih menjalani isolasi, tersisa satu orang, di Bangka Barat," katanya.

Ia menjelaskan bahwa ada lima tingkatan status dalam penanganan pandemi COVID-19, mulai dari nol sampai empat, berdasarkan kapasitas respons sistem kesehatan (kapasitas penemuan kasus, pelacakan kontak, dan perawatan) terhadap tingkat transmisi di suatu wilayah.

"Level nol merupakan situasi di mana suatu wilayah yang memiliki kapasitas respons memadai tidak memiliki kasus sama sekali. Ini yang mesti dikejar serta menjadi tujuan kita semua," katanya.

Ia mengatakan bahwa pemerintah daerah berupaya mempercepat penuntasan vaksinasi, menerapkan pembatasan kegiatan masyarakat, dan mengampanyekan penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19 guna mencapai level nol.