TP. PKK dan GOW Pohuwato Berkunjung ke Minahasa Selatan

SHARE

TP. PKK dan GOW Pohuwato Berkunjung ke Minahasa Selatan


Liputan : Hamid Toliu

Liputan : Hamid Toliu

CARAPANDANG [POHUWATO] - Tim Penggerak PKK Kabupaten Pohuwato bersama Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Pohuwato berkunjung ke Kantor Hukum Tua Desa Tangkunei Kecamatan Tumpaan, Kabupaten Minahasa Selatan, Kamis, (28/07/2022). 
Seperti apa keberhasilan dari desa yang dikelilingi pegunungan itu sampai membuat PKK Pohuwato dan GOW untuk melihat dari dekat? Ternyata desa yang telah berusia 522 tahun itu merupakan desa kampung berkualitas dan mendapat penghargaan 1 se-Provinsi Sulawesi Utara dan terbaik 3 se-Indonesia.   
Kedatangan Wakil Bupati Pohuwato, Suharsi Igirisa yang juga selaku Ketua GOW Pohuwato dan Ketua TP. PKK Pohuwato, Selvi Mbuinga Monoarfa bersama Ketua DWP Pohuwato, Suriati Datau R. Abdjul serta unsur Dinas P3AP2KB Pohuwato diterima Wakil Bupati Minahasa Selatan (MInsel), Pdt. Petra Yani Rembang bersama Ketua TP. PKK Minsel, Elsje Wongkar Sumual yang juga selaku Anggota DPRD Minahasa Selatan, Kadis Kesehatan Minsel, Camat Tumpaan, Feri Loloang dan Sekretaris BKKN Provinsi Sulut.  
Wabup Suharsi Igirsa mengatakan, maksud dan tujuan ke desa tangkunei untuk melihat dari dekat keunggulan dari desa yang diapit kiri kanan gunung, disamping itu kami juga mendengar bahwa salah satu desa di Minsel mendapat terbaik 3 nasional kampung KB. “Sebelumnya kami mewakili Pemda Pohuwato bersama rombongan mengucapkan selamat ulang tahun ke 522 desa tangkuney, semoga menjadi desa yang maju dari desa-desa lainnya di Minsel, apalagi sudah tercatat sebagai peringkat 3 di tingkat nasional. Intinya kami datang untuk mengetahui seperti apa ini kampung KB di Desa Tangkunei dan mudah-mudahan kami juga bisa bersaing kedepannya”,ungkap Suharsi. 
Dijelaskan Wabup Suharsi, Kabupaten Pohuwato adalah pemekaran dari induk Kabupaten Boalemo, kabupaten pohuwato berbatasan dengan Provinsi Sulteng. Melihat potensi yang ada di Minsel luar biasa, terutama di tangkunei yang penghasil berbagai jenis buah. “Mudah-mudahan ada satu kesan yang baik pada Pemda Minsel dan juga apa yang kami lihat, kami petik dapat diimplementasikan di daerah kami”,pungkas Wabup Suharsi Igirisa.
Sementara itu, Wabup Minsel, Pdt. Petra Yani Rembang mengucapkan selamat datang di desa terpencil tangkuney. “Kami sangat bergembira bertemu dengan saudara kami, (karena dulu masih dalam satu provinsi). Pohuwato memiliki SDA yang sangat luar biasa, saya sudah sering kesana. Apa yang dilakukan desa tangkunei berkaitan dengan upaya mereka mengikuti lomba, Pemda Minsel selalu memberikan dukungan kepada kemajuan yang dilakukan oleh pemerintah desa utamanya inovasi dalam mengembangkan masyarakat yang ada”,jelasnya.
Menurut Wabup Minsel, pemda Minsel sangat berbangga, tersanjung ketika kedatangan tamu. Perjumpaan yang berbahagia ini dapat dimanfaatkan dengan baik, sampaikan apa saja yang kita miliki dalam memperoleh kejuaraan. “(Mereka) Pemdes Tangkunei sangat senang menerima tamu seperti ini, dengan harapan perjumpaan ini menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi kedua belah pihak”,ungkap Pdt. Petra Yani Rembang. 
Sebelumnya Sekretaris TP.PKK Kabupaten Minahasa Selatan, Rembang Zuliwati mengungkapkan perihal keberhasilan yang diperoleh desa tangkunei. Intinya kabupaten Minsel menerima dan boleh dijadikan kunjungan studi tiru dari pemda pohuwato. Untuk diketahui, bahwa memang desa kampung berkualitas tangkuney ini baru-baru mendapat terbaik 1 dalam apresiasi kampung berkualitas se-Provinsi Sulut. Setelah dinilai terbaik, datang penilai dari pemerintah pusat dan kami bersyukur Kabupaten Minsel Provinsi Sulut mendapat nilai terbaik ke-3 kampung KB se-Indonesia. “Semua ini bukan karena kemampuan kami yang ada di dinas maupun yang di lapangan, tetapi sinergi antara pemerintah yang ada. Walau kami sudah terbaik 1 Provinsi Sulut dan terbaik 3 se-Indonesia kampung KB, kami menyadari masih ada yang kurang.,semoga kedepan kami juga bisa datang ke pohuwato.###