Ikuti Lomba Desa Terbaik, Desa Taluduyuna Diharapkan Tembus Tingkat Nasional

SHARE

Kegiatan Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Gorontalo


Liputan: Hamid Toliu

CARAPANDANG - Desa Taluduyunu Kecamatan Buntulia mewakili Kabupaten Pohuwato pada Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Gorontalo. Penilaian lomba desa itu dilaksanakan di wisata pangimba, Desa Taluduyunu Kecamatan Buntulia, Rabu (08/06/2022).

Lomba yang saat ini tengah dalam penilaian administrasi tersebut, dihadiri Wakil Bupati Pohuwato, Suharsi Igirisa, Ketua DPRD Pohuwato Nasir Giasi, Kadis PMD Admindukcapil Provinsi Gorontalo, Slamet Bakri, Asisten Administrasi Umum, Rusmiati Pakaya, Kadis PMD Pohuwato, Muzna Giasi, para camat se-kabupaten pohuwato, Kepala Desa Taluduyunu, Abdul Hamid Sukoli, para kepala-kepala desa se-kecamatan buntulia.

"Hal-hal yang akan dinilai termasuk tata kelola pemerintahan desa dan juga bagaimana pembangunan sosial kemasyarakatan yang ada di desa, apa saja yang menjadi visi-misi kepala desa sampai dengan penjabarannya baik yang sudah dilaksanakan maupun yang akan dilaksanakan, insyaallah kami pemerintah daerah akan mendorong dan mendukung penuh", ujar Suharsi dalam sambutannya.

Oleh karena itu, sambungnya, selaku pemerintah daerah, Suharsi berharap agar desa taluduyunua bisa menjadi perwakilan dalam lomba desa tahun ini dan mendapatkan hasil yang maksimal dan bisa menjadi perwakilan di tingkat regional hingga nasional. 

“Mudah-mudahan dengan kehadiran bapak ibu tim penilai insyaallah pohuwato bisa mendapatkan nilai terbaik dan menjadi duta provinsi gorontalo ditingkat nasional,” harap Wabup Suharsi.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas PMD dan Admindukcapil Provinsi Gorontalo, Slamet SK. Bakri menjelaskan, penilaian lomba desa ini akan melalui tahap penilaian yang sangat subyektif, bukan hanya Dinas PMD saja. 

Namun, katanya, ada juga beberapa dinas terkait yang akan melakukan penilaian, seperti, BNN, Dinas Pangan, Dinas Sosial, BPBD dan lain sebagainya. 

“Kita akan melakukan penilaian secara subyektif, bersama rekan-rekan dari dinas terkait, insyaallah desa taluduyunu dapat mewakili provinsi gorontalo ditingkat regional bahkan nasional,” ujar Slamet SK Bakri.

Sebelumnya Kepala Desa Taluduyunu, Abdul Hamid Sukoli berhasil mempresentasikan apa saja yang menjadi potensi-potensi yang ada di desanya. Selain itu, ia juga menerima beberapa pertanyaan yang diberikan oleh para penguji dan tim penilai dari provinsi gorontalo.