Survei : Elektabilitas Prabowo Subianto Bertahan Setahun

SHARE

istimewa


CARAPANDANG.COM - Lembaga Indonesia Polling Stastions (IPS) merilis hasil survei yang menempatkan nama Prabowo Subianto masih berada di puncak elektabilitas selama setahun sebagai calon presiden pada Pemilu 2024.

"Posisi Prabowo Subianto di puncak elektabilitas belum pernah tergoyahkan selama hampir satu tahun lebih," kata peneliti IPS, Alfin Sugianto, di Jakarta, Senin.

Kata dia, hasil survei IPS terbaru, Prabowo mendapatkan perolehan elektabilitas sebesar 29,8 persen. Sementara itu, sejumlah nama calon presiden masih membuntuti Prabowo dalam survei di antaranya Ganjar Pranowo dengan 20,6 persen dan Anies Baswedan dengan 16,8 persen.

"Publik kelihatannya semakin mantap menjatuhkan pilihannya kepada ketua umum DPP Partai Gerindra itu untuk memimpin Indonesia periode 2024-2029," ujarnya.

Survei IPS dilakukan pada 13-23 Juni 2022 di 34 provinsi yang ada di seluruh Indonesia. Populasinya seluruh warga negara Indonesia yang minimal telah berusia 17 tahun atau telah memiliki KTP.

Jumlah sampel sebesar 1.220 responden, dengan margin of error +/- 2,8 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara probability dengan teknik acak bertingkat (multistage random sampling). Lalu, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara tatap muka oleh tenaga terlatih dengan bantuan/pedoman kuesioner.
 

Halaman : 1