10.000 Jam, Nature, Nurture, dan Keberuntungan

SHARE

10.000 Jam, Nature, Nurture, dan Keberuntungan

CARAPANDANG.COM - Bicara mengenai kesuksesan, percayakah anda ketika seseorang mengatakan bahwa kesuksesan seseorang itu berkorelasi tidak hanya dengan budaya tetapi juga kerja keras.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kerja keras mempunyai arti perjuangan. Sebuah usaha yang dilakukan dengan cara bersungguh-sungguh untuk mencapai suatu tujuan tertentu yang sudah ditetapkan di awal.

Seperti hal yang dilakukan Isyana Sarasvati untuk menjadi seperti sekarang ini, seorang penyanyi muda hebat serta penulis lagu handal dengan musikalitas yang mumpuni. Bagaimana untuk mencapai titik sekarang ini seorang Isyana percaya akan hukum 10.000 jam.

Bisa dibayangkan, Isyana berlatih 8 (delapan) hingga 12 (dua belas) jam sehari dari umur 7 (tujuh) tahun sampai dengan 16 (enam belas) tahun. Yang mana kalau dihitung setidaknya Isyana sudah mendapati 22.000 jam selama kurun waktu tersebut untuk menggeluti dunia yang menjadi passion-nya.

Perlu diingat bahwa dalam dimensi apapun, baik dalam olahraga, musik, atau bahkan politik sekalipun dengan jumlah jam yang dialokasikan 10.000 tentu akan mencapai sebuah titik yang luar biasa.

Kaidah 10.000 jam latihan adalah sebuah rumus sukses yang dipaparkan oleh Malcolm Gladwell dalam bukunya "Outlier". 

Di dalam buku Outlier yang berketebalan 339 halaman itu ditulis bahwa keberhasilan dalam melakukan sebuah tugas yang kompleks mensyaratkan adanya jumlah minimum latihan mengemuka berulang kali dalam penelitian tentang cara memperoleh keahlian dalam sebuah bidang.

Sebenarnya, tulis Gladwell, para peneliti telah mendapatkan sesuatu yang mereka yakini menjadi angka ajaib agar seseorang menjadi ahli: sepuluh ribu jam.

Menurut penulis sendiri, dari kaidah 10.000 jam itu, akhirnya mengarah kepada 2 (dua) faktor yaitu nature dan nurture

Nature adalah sebuah potensi yang diberikan Tuhan kepada manusia tanpa manusia itu memintanya. Dan yang menjadi tugas manusia adalah mengubah potensi tersebut yang bisa disebut sebagai aset menjadi sebuah modal atau capital untuk manusia tersebut meraih yang namanya kesuksesan.

Aset yang dipelihara dan dipupuk itu akan semakin menjadi ketika didukung oleh nurture. Nurture adalah sebuah stimulan yang didapat dari lingkungan baik keluarga, sekolah atau bahkan latihan.

Ketika berada di sebuah nurture yang baik, tentu yang menjadikan kewajiban anda sebagai manusia adalah mensyukuri variabel-variabel yang didapat, yang benar-benar menguntungkan anda.

Lalu hubungannya dengan keberuntungan seperti apa? "The more i practice the luckier i get" ini menjadi kalimat yang harus dipegang setelah melewati kaidah 10.000 jam yang didukung oleh dua faktor utama tadi, nature dan nurture.

Contoh, anggaplah ada seseorang yang seharusnya bisa menjadi seorang diva terkenal tetapi mungkin saja tidak dikelilingi oleh nurture yang hebat, dan akhirnya memiliki profesi yang berbeda dengan aset yang dimilikinya. Dan faktor keberuntungan itu pun mau tidak mau menjadi bagian terpenting dalam hidup.

Atau sebut saja seorang pemain basket cadangan yang berlatih keras setiap hari, memoles ketrampilannya, sambil menunggu giliran penunjukkan untuk masuk berlaga di lapangan. Momen di mana ia mempersiapkan diri. Saat akhirnya ia mendapat kesempatannya, ia terlibat dalam pertandingan, sambil menunggu kesempatan selanjutnya untuk sumbang peran: momen di mana ia mendapat operan bola.

Saat ia benar mendapatkan kesempatannya – operan bola, dengan keterampilan yang dimilikinya sukses mencetak skor dan mendapat perhatian lebih dari pelatihnya, atau pencari bakat yang memang sedang mencari bibit potensial. Dan seterusnya, hingga ia sukses masuk ke liga yang lebih besar dan bergengsi.

Betul bahwa anda butuh perjuangan untuk meraih kesuksesan. Tapi apa artinya itu semua jika anda tidak siap memanfaatkannya, dan mendapat pencapaian darinya? Tanpa kesiapan, tidak peduli seberapa sering bola dilemparkan pada anda, tak akan ada skor yang bisa anda sumbangkan. Tanpa kesiapan, tidak peduli berapa kali bola peluang melayang ke arah anda, jangankan mencoba menambah skor, menangkapnya pun mungkin anda tak bisa.

Semangat Kamis untuk anda semua! Jangan menyerah untuk meraih kesuksesan! 



TERPOPULER

RAGAM