1.300 Penceramah Di Pekanbaru Divaksinasi Untuk Keamanan Saat Ibadah Ramadhan

SHARE

Istimewa


CARAPANDANG.COM – Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, Provinsi Riau, mulai melakukan vaksinasi COVID-19 kepada sekitar 1.300 penceramah guna memberikan rasa aman bagi masyarakat saat memasuki bulan suci Ramadhan 1442 Hijriah.

"Mereka juga salah satu prioritas penerima vaksin COVID-19 karena tokoh agama khususnya penceramah akan melakukan mobilitas tinggi selama Ramadhan nanti," kata Sekretaris Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru dr Zaini Rizaldy Saragih di Pekanbaru, Jumat.

Dikatakan, vaksinasi COVID-19 sudah dilaksanakan mulai 7 April hingga 9 April 2021 yang tergabung dalam vaksinasi massal COVID-19 bagi tokoh dan pemuka dari lintas agama, bertempat di dua lokasi, yakni Hotel Novotel Pekanbaru dan Sekolah Darma Yudha.

Menurutnya, kelompok penceramah ini rentan terhadap penyebaran COVID-19 karena mobilitas yang dilakukan mereka cukup tinggi dengan bertemu banyak orang saat berceramah.

"Iya IKMI (Ikatan Keluarga Masjid Indonesia) Riau mengajukan sekitar 1.300 penceramah untuk disuntik vaksin ke Pemko Pekanbaru. Mereka ini yang akan memberikan ceramah selama bulan Ramadhan di 1.370 masjid," kata Zaini.

Sementara itu Wali Kota Pekanbaru, Firdaus MT usai meninjau pelaksanaan proses vaksinasi mengatakan, vaksinasi massal ini totalnya ada 10.000 orang yang merupakan gabungan penceramah, tokoh agama lainnya, Ketua RT dan Ketua RW.

"Mereka yang mendapat vaksin merupakan rohaniawan, serta mubaligh dan imam masjid, anggota Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) tingkat kota, kecamatan hingga kelurahan," katanya.

Firdaus mengimbau walau sudah divaksin masyarakat tetap harus disiplin terapkan 4 M, yaitu menggunakan masker, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

"Karena walau sudah divaksin masih rawan tertular COVID-19 jika tidak disiplin pada protokol kesehatan, jadi mari tetaplah terapkan 4M," katanya.