2017, Telkom Klaim Pendapatan hingga Rp 128 Triliun

SHARE

carapandang.com


CARAPANDANG.COM - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) baru saja mengumumkan laporan kinerja tahunannya di sepanjang 2017. 

Berdasarkan keterangan resmi Telkom, Kamis (15/3/2018), pendapatan usaha perusahaan mencapai Rp 128,3 triliun atau tumbuh sebesar 10,2 persen dibanding tahun 2016.

Sedangkan EBITDA (Earnings Before Interest, Taxes, Depreciation and Amortization) tumbuh 8,6 persen menjadi Rp 64,6 triliun dan laba bersih naik 14,4 persen menjadi Rp 22,1 triliun.

Dari sisi profitabilitas, margin laba bersih meningkat 0,6 persen menjadi 17,3 persen. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat profitabilitas dapat terjaga dengan baik.

Performansi keuangan yang baik tersebut menunjukkan kemampuan perusahaan untuk terus tumbuh di tengah persaingan industri telekomunikasi di Indonesia yang semakin ketat.

Pertumbuhan pendapatan perseroan terutama dikontribusi oleh pendapatan dari segmen Data, Internet & IT Service yang tumbuh sebesar 28,7 persen.

Segmen ini berkontribusi sebesar 43,2 persen terhadap total pendapatan perusahaan, meningkat dari 37,0 persen pada tahun 2016.

Pertumbuhan layanan Data, Internet & IT Service meningkat seiring dengan semakin tingginya penggunaan smartphone, bertambahnya pelanggan IndiHome secara significant dan meningkatnya layanan ICT Solution untuk pelanggan korporasi.

"Kontribusi pendapatan Data, Internet & IT Service yang semakin besar menunjukkan Perseroan sudah berjalan pada jalur yang tepat untuk menjadi Digital Telecommunication Company. Sementara itu beban operasional dan pemeliharaan meningkat sebesar 17,1 persen seiring dengan pembangunan infrastruktur broadband yang agresif di segmen backbonemobile dan fixed line," kata Direktur Utama Telkom, Alex J. Sinaga.