5 Kandungan Mawar Bagi Kesehatan Kulit, Nomor Tiga Bikin Keliatan Awet Muda

SHARE

Ilustrasi

CARAPANDANG.COM - Tapi mawar tidak hanya cantik dan harum. Minyak dan air yang diekstrak dari mawar memiliki banyak manfaat kesehatan karena memiliki sifat anti-inflamasi dan menutrisi kulit karena kaya vitamin dan mineral.

"Bahan-bahan turunan dari mawar membantu memulihkan dan menyeimbangkan kembali kulit yang rusak tanpa menyebabkan iritasi," jelas ahli kecantikan Tammy Fender seperti dikutip dari Healthline pada Kamis.

“Minyak mawar membantu melindungi kulit, sedangkan air mawar dapat digunakan untuk membersihkan dan menenangkan,” kata Tammy.

Bulgaria, Turki, dan Maroko adalah produsen utama minyak esensial mawar di dunia. Komunitas mereka telah menggunakan mawar atas nama kecantikan dan perawatan diri selama berabad-abad.

Kandungan mawar untuk kesehatan kulit

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, mawar dan turunannya memiliki kandungan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit. Berikut ini akan dijelaskan lebih lanjut, kenapa mawar tidak hanya cantik dan harum, namun juga dapat mempercantik dan menyehatkan kulit.

1. Sumber antioksidan

Inilah salah satu manfaat utama mawar dan air mawar untuk kulit. Antioksidan baik untuk kulit, tidak terkecuali yang ditemukan pada mawar. Antioksidan khusus ini membantu memperkuat sel-sel kulit, yang selanjutnya dapat membantu meregenerasi jaringan kulit. Selain itu, antioksidan dalam mawar bekerja untuk menetralkan radikal bebas, yang juga dapat memberikan manfaat anti-penuaan pada kulit.

2. Pelembab alami

Meskipun mawar dapat memberikan manfaat untuk semua jenis kulit, namun ekstrak mawar dapat memberikan manfaat lebih untuk kulit kering karena sifatnya yang sangat melembabkan yang dapat membantu meredakan gatal akibat kulit kering.

Mawar yang digunakan dalam bentuk minyak esensial juga bisa menjadi cara yang bagus untuk melembabkan kulit, sekaligus melindungi kulit dari hilangnya kelembapan dan menjaga skin barrier (lapisan atas kulit) menjadi lebih kuat sehingga dapat mengikat kelembapan kulit.

3. Memudarkan kerutan

Selain antioksidan, minyak dan air mawar juga mengandung banyak vitamin A dan C yang dapat membantu mengatasi penuaan kulit. Kandungan ini tidak hanya mampu membantu menghaluskan kulit, mengurangi munculnya kerutan, namun juga dapat membantu mengurangi tampilan bintik-bintik penuaan pada kulit dan membantu produksi kolagen. Kandungan vitamin A dan C lebih banyak terdapat dalam minyak rosehip dibandingkan turunan produk mawar lainnya.

4. Menenangkan kulit

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ramuan romantis ini memiliki banyak sekali manfaat anti inflamasi, yang bisa membantu mengurangi munculnya kemerahan pada kulit. Bagian dari sifat pelembabnya juga membantu meredakan kemerahan dan iritasi pada kulit.

Kembali ke minyak rosehip, selain bagus untuk anti penuaan, kombinasi antioksidan dan asam lemak dalam minyak rosehip membuatnya bermanfaat untuk meredakan peradangan kulit, termasuk eksim.

5. Mengontrol produksi minyak berlebih

Air mawar dapat membantu menyeimbangkan kelembapan, yang berarti dapat membantu mengontrol produksi minyak berlebih. Air mawar melembapkan kulit dengan cara meningkatkan kandungan air di kulit dibandingkan dengan tingkat minyak. Sehingga secara tidak langsung mengurangi produksi minyak berlebih yang menjadi penyebab sebum yang mengakibatkan jerawat.

Ada juga khasiat astringent dalam mawar yang membantu mengangkat kotoran dan minyak dari kulit untuk membantunya menjaga keseimbangan pH alaminya.



TERPOPULER

RAGAM